Pembangunan Kantor Presiden di IKN Sudah Dimulai

IKN
Desain Istana Negara di IKN. | ist

FORUM KEADILAN – Pembangunan Kantor Presiden RI di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Kalimantan Timur (Kaltim) sudah dimulai.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan, pembangunan sejumlah kantor kementerian dan perumahan untuk menteri juga sudah dimulai.

Bacaan Lainnya

“Ini (pembangunan) sudah mulai, kontraknya sudah bulan lalu. Dimulai,” kata Basuki di Kompleks Istana Kepresidenan, Kamis, 1/12/2022.

“Perkantoran, kantor presiden bukan istana. Kemudian, (kantor) kementerian koordinator kemudian perumahan para menteri, kemudian nanti untuk yang ASN akan dibangun juga (perumahan),” lanjut Basuki.

Sementara itu, kata Basuki, untuk kantor wakil presiden (wapres) belum mulai dibangun. Menurutnya, tender untuk pembangunan kantor wapres baru akan dilakukan.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) sebelumnya mengatakan, pembangunan gedung istana kepresidenan, istana wakil presiden, serta bangunan kantor pemerintahan lainnya di Ibu Kota Nusantara segera dimulai pada Desember ini.

“Yang berkaitan dengan pembangunan kementerian, istana presiden dan wakil presiden juga (akan dimulai), ini bulan Desember sudah dimulai,” ujar Jokowi sebagaimana dilansir siaran pers Sekretariat Presiden.

Jokowi bilang, saat ini pemerintah telah memulai pembangunan infrastruktur pada kawasan inti IKN.

“Untuk IKN ini, kita sudah memulai untuk infrastrukturnya, dan untuk suplai air baku ke IKN sudah, selesai Januari. Infrastruktur untuk yang kawasan inti sudah dimulai,” kata Jokowi.*