12 Hari Pasca Gempa Cianjur, 11 Korban Belum Ditemukan

Gempa Cianjur
Pencarian korban gempa Cianjur. | ist

FORUM KEADILAN – Memasuki hari ke-12 pasca Gempa Cianjur, sebanyak 11 korban hilang belum ditemukan. Sedangkan korban meninggal dunia per hari ini, Jumat, 2/12/2022, mencapai 331 jiwa.

Bupati Cianjur Herman Suherman mengatakan, hingga Jumat sore, terdata ada penambahan satu korban gempa yang meninggal dunia di rumah sakit.

Bacaan Lainnya

“Hari ini ada penambahan korban yang meninggal dunia yaitu di Rumah Sakit Hasan Sadikin Bandung, sehingga jumlah yang meninggal berjumlah 331 jiwa,” ujar Herman dalam konferensi pers yang disiarkan di YouTube BNPB Indonesia, Jumat petang.

Herman bilang, akibat gempa Cianjur, sebanyak 593 orang yang mengalami luka cukup berat.

Baca Juga: Ini Daftar Posko Terpusat Gempa Cianjur, Lengkap dengan Lokasinya

“Korban luka berat sampai saat ini terdapat 593 orang, korban luka berat yang masih dirawat di wilayah di Cianjur berjumlah 59 orang,” ujarnya.

Per hari ini, lanjut Herman, masih belum ada penemuan korban yang hilang. Jumlah korban yang hilang masih berjumlah 11 orang.

“Pencarian korban pada hari ini hari ke-12 nihil tidak ditemukan,” kata dia.

Herman menambahkan, pihaknya juga melakukan rapat dengan menghadirkan keluarga korban dalam rangka menerima informasi untuk proses pencarian.

Saat ini, pihaknya juga telah melakukan upaya pembuangan tanah longsoran ke daerah pembuangan. Ia pun berharap korban yang masih hilang dapat segera ditemukan.

“Mudah-mudahan dengan adanya penggalian dan tanah dibuang ini dapat mempermudah pencarian,” ujar Herman.

Gempa dengan magnitudo 5,6 melanda Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, Senin siang, 21/11, pada pukul 13.21 WIB. Data BMKG, pusat gempa berada di kedalaman 10 kilometer, dengan koordinat 6,84 Lintang Selatan dan 107.05 Bujur Timur.*