Cuaca Buruk, Helikopter Polri Hilang di Perairan Bangka Belitung

Helikopter Polri
Helikopter Polri. | ist

FORUM KEADILAN – Helikopter milik Polri hilang kontak di perairan Bangka Belitung, Minggu siang, 27/11/2022. Helikopter tipe NBO 105 dengan nomor registrasi P-1103 itu membawa empat orang anggota Polri.

Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karopenmas) Divisi Humas Polri Brigjen Ahmad Ramadhan mengatakan, helikopter itu terbang dalam rangka melaksanakan kegiatan ferry flight dari Polda Kalimantan Tengah ke Mako Ditpoludara Korpolairud Baharkam Polri.

Bacaan Lainnya

“Besok (Senin, 28/11) akan dilakukan upaya pencarian oleh Korpolairud (Korps Kepolisian Perairan dan Udara Baharkam) dan Polda Bangka Belitung serta instansi terkait,” kata saat dikonfirmasi dari Cianjur, Jawa Barat, Minggu 27/11/2022.

Menurutnya, helikopter itu dilaporkan hilang kontak di sekitar perairan Kepulauan Bangka Belitung. Tercatat ada empat anggota Polri berada dalam helikopter yang hilang kontak.

Adapun kronologi helikopter hilang kontak terjadi pada Minggu, pukul 13.45 WIB. Saat posisi 39 nm sebelum Tanjung Pandan (Belitung), helikopter melewati cuaca buruk.

Kapten pilot helikopter P-1113 mengambil keputusan untuk naik ke ketinggian 5000 kaki, sementara kapten pilot helikopter P-1103 turun menuju ketinggian 3500 kaki.

Pukul 14.00 WIB, kapten pilot helikopter P-1113 berusaha memanggil kru helikopter P-1103 melalui frekuensi radio helikopter, namun tidak ada jawaban.

Selanjutnya, pukul 14.24 WIB, setelah mendarat di Bandara Tanjung Pandan, kapten pilot helikopter P-1113 langsung mengecek posisi Helikopter P-1103 di tower dan melaporkan kejadian kepada Kaurmin Subdit Patroli Udara, Kasi Dalwil Subdit Patroli Udara, dan Kasubdit Patroli Udara.

Ramadhan menambahkan, pihaknya sudah berkoordinasi dengan Ditpolairud Polda Bangka Belitung dan Basarnas untuk menyiapkan peralatan guna pencarian helikopter P-1103, Senin besok. *