Gempa Cianjur, Jasad Ibu dan Anak Berpelukan Tertimbun Longsor

Korban gempa Cianjur
Tim SAR menemukan jasad ibu dan anak berpelukan di timbunan longsor pasca Gempa Cianjur. | ist

FORUM KEADILAN – Tim SAR gabungan kembali menemukan korban meninggal dunia gempa Cianjur, Jawa Barat. Di antaranya yakni jasad ibu dan anak yang ditemukan dalam kondisi berpelukan.

Jasad keduanya ditemukan tertimbun tanah longsor di Desa Cijedil, Cugenang, Cianjur, Jawa Barat, pada Jumat, 25/11/2022. Selain ibu dan anak, tim SAR juga menemukan tiga korban meninggal lainnya di lokasi yang sama.

Bacaan Lainnya

“Dua dari lima jenazah yang ditemukan itu adalah ibu dan anak yang sedang berpelukan saat tim menemukannya,” ujar Kadiv Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo dalam keterangannya.

Dedi mengatakan, polisi menemukan kelima jenazah ini setelah mengerahkan anjing pelacak K9. Dia menyebut proses evakuasi kelima jenazah tidak mudah lantaran lokasi berada dekat sungai.

“Pengangkatan jenazah dilakukan menggunakan tandu bambu oleh enam personel gabungan di TKP,” kata dia.

Lima korban yang ditemukan langsung dibawa ke RSUD Sayang, Cianjur, untuk proses identifikasi. Selanjutnya Polri tetap akan melanjutkan pencarian korban gempa bumi dan tanah longsor di sekitar lokasi.

Sebelumnya diberitakan, sebanyak 17 jenazah ditemukan tim SAR gabungan dalam operasi pencarian korban gempa Cianjur Jumat, 25/11/2022. Dengan demikian, total korban meninggal dunia sebanyak 310 orang.

Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letjen TNI Suharyanto dalam konferensi pers menyebut, sebanyak 24 orang masih belum ditemukan.

“24 orang itu sedang dicari, dan sudah jelas identitasnya,” kata Suharyanto, Jumat petang.

BNPB juga mencatat korban luka-luka masih fluktuatif seperti kemarin, yakni sebanyak 2.046 orang, pengungsi sebanyak 62.545 orang, kemudian kerugian materil rumah rusak sebanyak 56.311 unit rumah.

Gempa dengan magnitudo 5,6 melanda Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, Senin siang, 21/11, pada pukul 13.21 WIB. Data BMKG, pusat gempa berada di kedalaman 10 kilometer, dengan koordinat 6,84 Lintang Selatan dan 107.05 Bujur Timur.*