Munas Hipmi Ricuh, Ganjar Pranowo Minta Pengusaha Muda Beri Contoh Baik

Munas Hipmi Ricuh
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. | ist

FORUM KEADILAN – Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo meminta Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) memberikan contoh yang baik kepada masyarakat. Komentar Ganjar ini buntut dari kericuhan saat pelaksanaan Musyawarah Nasional (Munas) Hipmi XVII di Surakarta.

Ganjar berpesan agar kejadian kericuhan hingga adu jotos tak terulang, dan menjadi bahan evaluasi. Terlebih, kata Ganjar, himpunan pengusaha muda lazimnya memberikan contoh baik dan dewasa dalam bersikap.

Bacaan Lainnya

“Kasih contoh lah yang baik gitu ya, mudah-mudahan lancar, masih ada kesempatan, silakan buka dialog. Kita menunjukkan bahwa para pengusaha muda juga seorang yang sangat demokratis yang bisa memberikan teladan yang baik,” pesan Ganjar.

Ganjar menyesalkan adanya kegaduhan itu. Pasalnya, sebelumnya Ganjar sempat hadir dalam gala dinner di Pura Mangkunegara dan berpesan agar diskusinya dilakukan secara musyawarah.

“Jangan ricuh. Kalau bisa adem ayem kan bagus karena beberapa hari sebelum itu ada Muktamar Muhammadiyah berjalan lancar, isu di luar juga yang dulunya ramai tidak terjadi,” ucap Ganjar.

Orang nomor satu di Jawa Tengah itu mengaku terkejut dengan beredarnya video kericuhan itu. Ganjar lantas menghubungi Hipmi Jateng terkait ini.

“Saya sudah telepon Hipmi Jateng kemarin, sampaikan kepada publik, konsolidasikan kawan-kawan, ajak duduk bersama, jangan pakai emosi, kalau nggak bisa ya sudah divoting saja,” ungkapnya.

Sebelumnya, keributan mewarnai Musyawarah Nasional (Munas) ke-17 Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) di Solo, Jawa Tengah, Senin, 21/11/2022. Sejumlah peserta terlibat perkelahian dalam acara yang digelar di Hotel Alila Solo tersebut.

Munas Hipmi Ricuh

Dalam video-video yang beredar luas di media sosial tampak sejumlah peserta yang sebagian besar berkemeja batik seragam acara saling baku pukul dan adu tendang. Beberapa orang bahkan tampak menggunakan alas wadah makanan katering sebagai alat untuk berkelahi. Sementara beberapa orang lainnya memvideokan tawuran para pengusaha muda tersebut.

Hipmi merupakan organisasi yang didirikan pada 10 Juni 1972 untuk menghimpun para pengusaha muda Indonesia . Musyawarah Nasional ke-17 Hipmi dibuka oleh Presiden RI Joko Widodo.

Acara yang dihadiri sekira 2.000 peserta dari seluruh Indonesia dijadwalkan berlangsung hingga Rabu, 23/11. Agenda utama gelaran ini adalah untuk memilih ketua umum BPP Hipmi.

Belakangan panitia mengklarifikasi keributan dipicu adanya perbedaan pendapat dari peserta hingga pimpinan sidang saat sudah larut malam.

Satu pihak menginginkan agar sidang dilanjutkan, sedangkan pihak lainnya meminta agar sidang ditunda sampai hari berikutnya.

Perdebatan yang tidak kunjung selesai, adu argumentasi berlanjut dengan saling teriak, dan peserta saling dorong hingga terjadi kericuhan.*

Baca: Munas Hipmi Ricuh, Peserta Adu Jotos

Tonton: Adu Jotos di Munas Hipmi