Munas Hipmi Ricuh, Peserta Adu Jotos

KERICUHAN di Munas ke-17 Hipmi di Solo, Senin, 21/11/2022 | tangkapan layar video

FORUM KEADILAN – Keributan mewarnai Musyawarah Nasional (Munas) ke-17 Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) di Solo, Jawa Tengah, Senin, 21/11/2022. Sejumlah peserta terlibat perkelahian dalam acara yang digelar di Hotel Alila Solo tersebut.

Dalam video-video yang beredar luas di media sosial tampak sejumlah peserta yang sebagian besar berkemeja batik seragam acara saling baku pukul dan adu tendang. Beberapa orang bahkan tampak menggunakan alas wadah makanan katering sebagai alat untuk berkelahi. Sementara beberapa orang lainnya memvideokan tawuran para pengusaha muda tersebut.

Bacaan Lainnya

Hipmi merupakan organisasi yang didirikan pada 10 Juni 1972 untuk menghimpun para pengusaha muda Indonesia . Musyawarah Nasional ke-17 Hipmi dibuka oleh Presiden RI Joko Widodo.

Acara yang dihadiri sekira 2.000 peserta dari seluruh Indonesia dijadwalkan berlangsung hingga Rabu, 23/11. Agenda utama gelaran ini adalah untuk memilih ketua umum BPP Hipmi.

Acara dimulai dengan penuh canda tawa para tamu undangan yang hadir, termasuk saat sambutan Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia yang juga mantan ketua umum Hipmi.

Keributan terjadi saat munas diskors karena kondisi tidak kondusif menyusul banyaknya interupsi dari peserta pada Senin malam, sekiora pukul 23 WIB.

Ketua OC Munas Muhammad Ali Affandi membenarkan adanya keributan tersebut. Meski begitu dia mengaku tak tahu persis masalah apa yang memicunya.

“Kericuhan ini terjadi di luar kendali kami. Mungkin ada kesalahpahaman antarpeserta munas,” katanya.*