Enrique Jelaskan Alasan Coret Jose Gaya Jelang Laga Spanyol vs Kosta Rika

Spanyol
Pelatih Timnas Spanyol Luis Enrique. | AFP

FORUM KEADILAN – Pelatih Timnas Spanyol Luis Enrique membeberkan alasannya keputusannya memulangkan salah satu bek andalan La Furia Roja, Jose Gaya.

Luis Enrique mencoret Jose Gaya dari skuad Spanyol untuk Piala Dunia 2022 dan memulangkan pemain Valencia itu pada pekan lalu.

Bacaan Lainnya

Keputusan Enrique itu menuai kontroversi, karena menurut tim medis Timnas, Jose Gaya hanya mengalami keseleo diprediksi bakal fit di laga kedua kontra Jerman. Gaya disebut hanya akan melewatkan laga perdana Grup E antara Spanyol vs Kosta Rika.

Namun, Enrique sudah ambil keputusan. Gaya dipulangkan dan pemain muda Barcelona Alejandro Balde dipanggil untuk menggantikan.

Sekembalinya ke Spanyol, Gaya menjalani tes yang memastikan bahwa cedera tersebut akan membuatnya absen hanya selama 7-10 hari.

“Saya harus mengambil keputusan. Jika saya berat pada perasaan saya, dia akan tetap ada di sini,” kata Enrique dalam jumpa pers jelang laga perdana Spanyol di Piala Dunia 2022.

“Akan tetapi saya harus mengambil keputusan itu secara langsung. Itu adalah cedera 10-15 hari dan dia tidak bisa memainkan dua pertandingan,” jelasnya seperti dimuat Football Espana, Selasa, 22/11/2022.

“Dengan tanggung jawab pelatih seluruh negeri, saya harus melakukan yang terbaik untuk tim. Bek kiri adalah satu-satunya posisi yang saya tidak sabar menunggu siapa pun. Tidak ada orang yang bisa beradaptasi dengan apa yang kita minta,” terang Enrique.

“Jika berada di posisi lain, dia akan ada di sini. Tapi seorang bek adalah khusus yang memiliki karakteristik untuk bermain di posisi itu. Jose Gaya adalah fenomena, seorang pria yang bergaul dengan saya dengan cemerlang. Saya merasakannya dalam jiwa saya, tapi saya harus menempatkan tim di atas perasaan saya,” sambungnya.

Pada pertandingan perdana Piala Dunia 2022, Spanyol akan menghadapi Kosta Rika. Pertandingan Spanyol vs Kosta Rika akan digelar di Al Thumama Stadium, Rabu, 23/11/2022, malam WIB.*

Baca: Link Live Streaming Piala Dunia 2022 dan Jadwal Lengkap Pertandingan