Kader PPP Ramai Membelot Dukung Anies Nyapres, Baidowi Anggap Sekadar Aspirasi

Kader PPP
Organisasi Forum Ka'bah Membangun dan Forum Ulama Membangun di Yogyakarta deklarasi dukung bakal calon presiden Anies Baswedan. | ist

FORUM KEADILAN – Organisasi Forum Ka’bah Membangun dan Forum Ulama Membangun di Yogyakarta telah mendeklasikan diri untuk mendukung bakal calon presiden dari Partai NasDem, Anies Baswedan.

Kedua organisasi itu identik dengan kader PPP. Langkah politik dua organisasi itu bertolak belakang dengan keputusan DPP PPP yang sebelumnya yang menyatakan bahwa sosok capres dan cawapres yang didukung masih menunggu keputusan bersama di Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) yang isinya PPP, Golkar dan PAN.

Bacaan Lainnya

Menanggapi hal itu, Ketua DPP PPP Achmad Baidowi mengatakan tidak mempersoalkan langkah sejumlah kader PPP, karena DPP memang belum mengambil keputusan sosok capres dan cawapres yang didukung.

“Sepanjang DPP PPP belum memutuskan belum memberikan sikap, siapapun boleh beropini, boleh berwacana,” kata Baidowi, beberapa waktu lalu.

Menurut Baidowi, hal itu akan berbeda jika setelah nanti DPP PPP bersama KIB memutuskan sikap di pilpres 2024, makasemua kader harus mematuhi instruksi pusat.

Baidowi juga menyatakan, orang-orang yang tergabung dalam Forum Ka’bah Membangun (FKM) bukan bagian dari struktur resmi PPP.
Karena itu, DPP PPP menganggap langkah FKM sebagai bagian dari masukan dari masyarakat.

“Kalau yang kemarin karena bukan dari PPP bukan struktur resmi PPP, ya kita anggap sebagai aspirasi masyarakat umum. Kalau pun tidak, representasi organisasi kemasyarakatan ormas gitu,” imbuhnya.

Deklarasi Forum Ka’bah Membangun dan Forum Ulama Membangun itu diselenggarakan pada Rabu, 16/11/2022 lalu, dan dihadiri langsung oleh Anies Baswedan.*