Bertambah, Korban Meninggal Gempa Cianjur Total 56 Orang

Korban gempa Cianjur. | ist

FORUM KEADILAN – Korban gempa magnitudo 5,6 di Cianjur, Jawa Barat, bertambah lagi. Data terbaru, sebanyak 56 orang meninggal dunia.

Bupati Cianjur, Herman Suherman mengatakan, data itu dia dapat dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan sejumlah rumah sakit di Cianjur.

Bacaan Lainnya

“Berdasarkan data terbaru di lapangan, jumlah korban meninggal bertambah menjadi 56 orang,” ujar Herman di halaman RSUD Cianjur, Senin, 21/11/2022.

Sebelumnya, Herman menyebutkan bahwa ada 46 orang yang meninggal dan 700 orang luka-luka. Sebanyak 70 persen korban luka masuk kategori berat.

Herman mengatakan, dibutuhkan banyak dokter tulang dan tenaga medis lainnya. Herman mengaku pihaknya kewalahan menangani korban luka.

“Saya masih menangani warga sakit atau luka, ini kewalahan. Saya sudah bagi-bagi tugas Kapolres, Dandim. Saya berada di RS tangani warga sakit,” kata Bupati Herman.

Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Mayjen TNI Suharyanto mengatakan, ada tiga kecamatan yang paling parah terdampak gempa di Cianjur yakni Kecamatan Cilaku (Desa Rancagoong), Kecamatan Cianjur (Desa Limbangan Sari), dan Kecamatan Cugenang.

Sejumlah bangunan dilaporkan rusak berat, antara lain tujuh rumah dan satu pondok pesantren. Kerusakan juga terjadi di RSUD Kabupaten Cianjur, tiga unit gedung pemerintahan, tiga unit fasilitas pendidikan, satu unit sarana, satu unit toko, dan satu unit kafe.

Kerusakan dilaporkan juga terjadi di wilayah Kabupaten Bogor. Sejauh ini, tercatat empat unit rumah rusak.

Gempa dengan magnitudo 5,6 melanda Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, Senin siang, 21/11/2022, pada pukul 13.21 WIB. Data Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), pusat gempa berada di kedalaman 10 kilometer, dengan koordinat 6,84 Lintang Selatan dan 107.05 Bujur Timur.

Selain di Cianjur dan sekitarnya, getaran gempa cukup kuat dirasakan pula di wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya. Di kawasan Jalan Juanda, Gambir, Jakarta Pusat, lokasi kantor FORUM KEADILAN, getaran gempa terasa hingga lantai lima.

Getaran gempa begitu kuat sehingga lantai, kursi, meja, dan lampu-lampu bergoyang. Getaran terjadi beberapa detik ini sempat menimbulkan kekagetan dan kepanikan di kalangan karyawan.

Informasi yang diperoleh FORUM, getaran gempa juga dirasakan warga di kawasan Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi, dan sekitarnya.

Meski terasa cukup kuat getarannya, gempa Cianjur ini tidak menimbulkan potensi tsunami.*