Ide Camilan Nonton Piala Dunia 2022, Yuk Bikin Popcorn Karamel ala Bioskop

Popcorn karamel. | ist

FORUM KEADILAN – Menyaksikan pertandingan sepak bola Piala Dunia 2022 belum lengkap rasanya jika tak ditemani makanan ringan atau camilan. Selain kacang, ada banyak jenis camilan yang bisa menjadi pilihan, agar suasana nonton semakin semarak.

FORUM ingin berbagi ide camilan untuk menemani pembaca nonton Piala Dunia 2022. Malam ini, ada resep popcorn karamel ala Bioskop XXI, yang bisa dibuat sendiri di rumah. Cara dan bahan yang dibutuhkan juga sangat sederhana. Simak resep lengkapnya yuk!

Bacaan Lainnya

Bahan-bahan:

– 2 genggam kecil Jagung pipil kering

– 3 sendok makan (sdm) butter atau bisa diganti margarin

– 3 sdm Gula aren disisir

– 3 sdm Gula Pasir/Gula Halus

– 1 sdm Susu Kental Manis (SKM)

– 1/4 sendok teh Garam

Cara membuat popcorn karamel:

– Panaskan 2 sendok makan butter di wajan yang besar, kemudian masukkan jagung, lalu tutup. Goyang wajan sesekali agar tidak gosong.

– Ketika jagung sudah mulai berubah menjadi popcorn, terus goyang wajan di atas api, agar matangnya merata dan tidak gosong. Pastikan semua jagung matang. Cirinya yaitu tidak ada suara letupan-letupan.

– Buka tutup wajan. Matikan api.

– Di wajan lain (bisa menggunakan teflon) panaskan 1 sdm butter, lalu masukkan gula merah sisir, gula halus, SKM dan garam. Tunggu hingga semua larut dan mulai berkaramel. Tandanya sudah keluar buih-buih dan mengental. Goyangkan teflon sebentar agar merata.

– Matikan api, lalu tuang karamel ke atas popcorn tadi. Aduk rata dengan cepat, agar tidak menggumpal di satu area. Terus aduk-aduk popcornnya.

– Dinginkan popcorn di loyang lebar yang telah dialasi baking paper. Setelah dingin, popcorn bisa disimpan ke wadah kedap udara.*