Kabar Duka, Eks Dirjen Otda Kausar Ali Saleh Mangkat

Prof Kausar Ali Saleh. | istimewa

FORUM KEADILAN – Kabar duka, eks Direktur Jenderal Otonomi Daerah (Otda) Kementerian Dalam Negeri Kausar Ali Saleh meninggal dunia. Dia mengembuskan nafas terakhir pada Rabu sore, 16 November 2022.

Informasi yang didapat FORUM, almarhum akan dikebumikan di pemakaman Giri Tama, Tonjong, Parung. Jenazah diberangkatkan dari rumah duka di Perumahan Bali View pada pukul 09.00 WIB, hari ini.

Kausar pernah menjabat Sekretaris Utama Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhanas) RI tahun 2004-2005, lalu, Dirjen Otda Departemen Dalam Negeri tahun 2005-2008, dan Dirjen Pemerintahan Umum Departemen Dalam Negeri tahun 2008.

Kausar Ali lahir dan tinggal di Lampung hingga remaja. Usai lulus dari bangku SMA, ia hijrah ke Pulau Jawa, untuk mengenyam pendidikan di Jurusan FISIP Universitas Gadjah Mada (UGM).

Selanjutnya, ia mengambil gelar magister di Ilmu Pemerintahan Universitas Padjajaran (Unpad) Bandung. Kausar juga mendapatkan gelar doktoral nya di Unpad, dan selanjutnya mendapatkan gelar Profesor, hingga menjadi Guru Besar Bidang Ilmu Politik di Universitas Nasional (Unas).

Sebagai tokoh asal Lampung, namanya cukup harum di tanah kelahirannya itu. Dia pernah menjadi pengerek bendera pusaka di Istana Merdeka, Jakarta, tahun 1968, mewakili Provinsi Lampung. Maka, ia tergabung dalam Purna Paskibraka Indonesia.*