Jumpa di Solo, Politik Sarapan ala Gibran dan Anies

Anies Baswedan sarapan bersama Gibran Rakabuming Raka, di Hotel Novotel Solo, Selasa, 15/11/2022

FORUM KEADILAN – Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka menemui Anies Baswedan yang sedang berada di Kota Solo, Jawa Tengah. Keduanya kemudian sarapan bersama di Hotel Novotel Solo, Selasa (15/11/2022).

Gibran datang sekira pukul 07.30 WIB. Dia mengenakan kemeja hijau dipadu celana hitam. Di pintu lobi utama hotel, Anies Baswedan menyambut Gibran. Anies mengenakan baju koko warna putih dan celana hitam.

Bacaan Lainnya

“Apa kabar Pak, sehat,” kata Gibran menyapa Anies.

“Sehat, sehat, alhamdulillah,” jawab Anies.

Anies mempersilakan Gibran masuk ke dalam hotel dan bersama berjalan menuju restoran hotel. Usai sarapan, keduanya menghadiri acara Haul ke-111 Habib Ali bin Muhammad Al-Habsyi di area Masjid Ar Riyadh, Pasar Kliwon, Solo.

Usai pertemuan, Anies melontarkan pujiannya kepada Gibran. Dia menilai Gibran sebagai figur yang patut dicontoh. “Mas Gibran ini saya suka, karena menjangkau semua. Semua disapa, diajak silaturahmi. Ini sifat baik yang bisa jadi contoh,” ujarnya.

Anies juga mengapresiasi kepemimpinan Gibran di Kota Solo. Menurutnya, Solo semakin maju di bawah Gibran. “Beliau yang paling tahu, dan saya senang Solo di bawah kepemimpinan beliau, semakin maju dan berkembang,” kata Anies.

Menurut Anies, pertemuannya dengan Gibran tidak membahas isu politik. “Kita sedang silaturahmi santai dan sekarang mau ke acara haul. Mudah-mudahan acaranya lancar,” kata mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Kabinet Kerja ini.

Dalam kesempatan tersebut, Anies juga mendoakan Gibran.  “Saya mendoakan Mas Gibran selalu sehat  dan dimudahkan dalam menjalankan amanah ini. Saya senang sekali pagi ini bisa menyambut beliau, sarapan bersama, ngobrol. Banyak hal yang kita obrolin,” tuturnya.

Di lain pihak, Gibran pun membantah terlibat obrolan politik dengan Anies Baswedan. “Nggak. Ngobrol aja sambil sarapan,” ujar putra sulung Jokowi ini.

Anies Baswedan, mantan gubernur DKI Jakarta sudah dideklarasikan Partai NasDem sebagai kandidat presiden untuk Pilpres 2024. Presiden Joko Widodo, yang notabene ayah Gibran, sejauh ini belum pernah memberikan “endorse” kepada Anies.

Padahal, di sejumlah kesempatan, Jokowi tampak menyatakan dukungannya terhadap sejumlah tokoh seperti Ganjar Pranowo, Prabowo Subianto, Airlangga Hartarto, Erick Thohir, dan lain-lain.*