Ucapan Selamat Ultah Luhut-Anies untuk Jokowi

Jokowi dan Luhut Binsar Pandjaitan
Jokowi dan Luhut Binsar Pandjaitan | Ist

FORUM KEADILAN – Presiden Joko Widodo (Jokowi) berulang tahun yang ke-63 pada hari ini, Jumat, 21/6/2024. Ucapan ini berdatangan dari tokoh-tokoh, seperti Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan hingga eks Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Luhut melalui akun Instagram pribadinya, dirinya mengungkapkan kesannya terhadap Jokowi setelah sudah anak buah mantan Gubernur DKI Jakarta selama bertahun-tahun.

Bacaan Lainnya

“Kita beruntung pernah dipimpin Presiden Joko Widodo. Memulai karir sebagai Letnan dua dari Korps Baret Merah, saya banyak mengenal tipe-tipe para komandan terdahulu. Apalagi sebagai seorang perfeksionis, saya punya kriteria sendiri pemimpin seperti apa yang layak diteladani. Bagi saya, Joko Widodo adalah salah satu figur pemimpin teladan itu,” tulis Luhut, pada Jumat, 21/6/2024.

Ia menyampaikan bahwa dirinya banyak belajar dari Jokowi terutama pada saat masa pandemi Covid-19. Luhut mengibaratkan seperti perjalanan panjang di dalam hutan belantara yang gelap tanpa penunjuk arah.

“Sebagai orang yang pernah diberi tugas khusus oleh beliau, saya bersaksi bahwa penugasan itu adalah pekerjaan tersulit yang pernah saya alami,” jelasnya.

Ia menyebut ada pepatah yang mengatakan bahwa karakter asli seseorang akan muncul ketika mendapatkan ujian.

Luhut mengatakan hingga menyaksikan sendiri bagaimana Jokowi tetap tenang dalam setiap proses pengambilan keputusan di saat pandemi, walaupun banyak masukan dan usulan dari berbagai pihak.

“Memberikan arahan dengan baik dan cermat dengan satu semangat, kepentingan rakyat banyak harus diutamakan di atas segalanya. Karena itulah, saya pernah katakan kepada beliau “Bapak seharusnya masuk Kopassus”,” ujarnya.

Ia tidak heran jika Jokowi merupakan sosok yang dicintai oleh rakyatnya dan tidak bisa dipengaruhi oleh siapapun. Terutama oleh para pemimpin dunia, baik negara maju dan berkembang.

Menurutnya, bukannya diatur tetapi justru mereka sangat “respect” dan memuji gaya kepemimpinan Presiden Jokowi. Karakter ini yang mutlak. Hal perlu diteladani oleh pemimpin Indonesia dan generasi penerus bangsa di masa depan.

“Selamat ulang tahun ke-63 Presiden @jokowi. Semoga Tuhan YME memberikan anda berkat usia, kesehatan, serta kecintaan yang mendalam kepada tanah air, sehingga bisa terus mengabdikan diri untuk kemajuan bangsa dan negara ini dimanapun dan apapun posisi yang anda ambil nanti,” ucap Luhut.

“Terima kasih karena telah memberikan saya kesempatan untuk berkontribusi dalam memberikan legacy berharga untuk perjalanan bangsa ini menuju visi besar Indonesia Emas 2045,” pungkasnya.

Lalu, Anies Baswedan juga mengucapkan selamat ulang tahun ke-63 untuk Presiden Jokowi. Dalam ucapannya, Anies menyampaikan doa untuk kebaikan Jokowi.

Ucapan ini dituliskan oleh Anies melalui akun X resminya, @aniesbaswedan.

“Selamat ulang tahun yang ke-63 Presiden RI Bapak @Jokowi,” tulis Anies.

Ia mendoakan agar Jokowi selalu diberikan kesehatan dan kebahagiaan. Dirinya juga berharap Jokowi selalu diberi petunjuk dan kemudahan dalam menjalankan tugasnya.

“Semoga selalu diberi kesehatan, kebahagiaan, petunjuk dan kemudahan dalam menjalankan tugas dan amanah, serta selalu berada dalam perlindungan Allah SWT. Aamiin yra,” ucap Anies.

Tentang Jokowi

Ir. H. Joko Widodo (Jokowi) merupakan Presiden ke-7 RI yang mulai menjabat pada 20 Oktober 2014.

Jokowi lahir di Surakarta, Jawa Tengah, pada 21 Juni 1961. Tepat hari ini, Jokowi menginjak usia 63 tahun.

Jokowi pertama kali terjun ke dunia pemerintahan sebagai Wali Kota Surakarta (Solo) pada 28 Juli 2005 hingga 1 Oktober 2012.

Setelah itu, Jokowi menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta pada 15 Oktober 2012, sebelum akhirnya mencalonkan diri dan terpilih menjadi Presiden RI pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2014. Kala itu, Jokowi terpilih bersama pasangannya, Jusuf Kalla.

Pada Pilpres 2019, Jokowi kembali terpilih sebagai Presiden RI untuk masa jabatannya yang kedua, didampingi oleh Wakil Presiden K.H. Ma’ruf Amin. Mereka dilantik pada 20 Oktober 2019 untuk masa jabatan 2019 hingga 2024.*