Jokowi Soroti Inflasi RI Jadi Salah Satu yang Terbaik di Dunia

Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam Rapat Koordinasi Nasional Pengendalian Inflasi 2024, Jumat, 14/6/2024. | YouTube Sekretariat Presiden
Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam Rapat Koordinasi Nasional Pengendalian Inflasi 2024, Jumat, 14/6/2024. | YouTube Sekretariat Presiden

FORUM KEADILAN – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan soroti Indonesia menjadi salah satu yang terbaik di dunia. Hal tersebut terlihat dari inflasi pada Mei 2024 yang tercatat 2,84 persen (year on year/yoy).

“Ini merupakan salah satu yang terbaik di dunia. Kalau kita ingat di 9, 10 tahun yang lalu, inflasi kita masih berada di 9,6 persen dan atas usaha keras kita berada di 2,84 persen,” ujarnya dalam Rapat Koordinasi Nasional Pengendalian Inflasi 2024, Jumat, 14/6/2024.

Bacaan Lainnya

Jokowi menyebutkan setiap berkunjung ke daerah ia selalu menanyakan tingkat inflasi dan pertumbuhan kepada kepala daerah dan hal ini dilakukan agar semua pihak peduli terhadap tingkat inflasi beserta pertumbuhan ekonomi.

Bila inflasi tinggi, maka yang paling merasakan dampaknya adalah rakyat. Tetapi, pada saat ini Jokowi melihat kondisi cukup baik, di mana inflasi terjaga di 2,84 persen dan pertumbuhan ekonomi 5,11 persen.

“Sekarang inflasinya 2,84 persen, pertumbuhan ekonominya 5,11 persen. Ini segar. Segar kalau seperti ini,” tuturnya.

Walaupun demikian, Jokowi mengatakan tantangan ke depan tak mudah termasuk mengenai kekeringan seperti yang disampaikan Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB). Suhu akan mencapai level tertinggi dalam lima tahun ke depan.

Jika kondisi tersebut tidak diantisipasi, lanjut Jokowi, maka diperkirakan 50 juta petani akan kekurangan air. Dampaknya, pasokan pangan akan turun, sehingga harga akan terkerek dan inflasi meningkat.

“Artinya apa? Jangan main-main urusan kekeringan, jangan main-main urusan gelombang panas. Larinya nanti bisa ke inflasi. Begitu stok tidak ada, produksi kurang artinya harga pasti naik, otomatis itu, hukum pasarnya memang seperti itu. Dan itu adalah urusan kehidupan manusia,” jelasnya.*