2 ASN Pemprov Sulsel hingga Kader NasDem Jadi Saksi Meringankan SYL Hari Ini

Eks Mentan Syahrul Yasin Limpo (SYL) di PN Jakarta Pusat, Rabu 27/3/2024. I Merinda Faradianti/Forum Keadilan
Eks Mentan Syahrul Yasin Limpo (SYL) di PN Jakarta Pusat, Rabu 27/3/2024. I Merinda Faradianti/Forum Keadilan

FORUM KEADILAN – Eks Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo (SYL) akan menghadirkan tiga orang saksi untuk meringankan dalam sidang lanjutan kasus gratifikasi dan pemerasan pada hari ini. Kuasa hukum SYL, Djamaludin Koedoeboen, menyebutkan bahwa tiga orang saksi tersebut terdiri dari satu anggota Partai NasDem dan dua ASN saat SYL menjabat sebagai Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel).

“Ada 2 ASN dan 1 dari anggota NasDem, 2 ASN yang dimaksud pernah menjadi pejabat di provinsi Sulsel Makassar, sewaktu Pak SYL menjabat sebagai Gubernur Sulsel,” ujar pengacara SYL, Djamaluddin Koedoeboen kepada wartawan, Senin, 10/6/2024.

Bacaan Lainnya

Berikut daftar saksi meringankan SYL di sidang hari ini:

1. Abdul Malik Faisal
2. Rafly Fauzi
3. M. Jufri Rahman

Dalam kasus tersebut, SYL didakwa telah melakukan pemerasan dan menerima gratifikasi Rp44,5 M selama menjabat sebagai Mentan. Ia didakwa melakukan hal tersebut bersama Sekjen Kementan nonaktif Kasdi dan Direktur Kementan nonaktif Hatta. Mereka didakwa dalam berkas terpisah.

Selain untuk membayar gaji pembantu, para pejabat Kementan juga harus patungan untuk memenuhi berbagai kebutuhan SYL lainnya. Kebutuhan tersebut antara lain, sewa jet pribadi, umroh, perjalanan ke Brasil dan Amerika Serikat (AS), hingga sapi kurban.

Selain patungan, pejabat di Kementan juga membuat perjalanan dinas fiktif. Uang dari perjalanan dinas fiktif tersebut dicairkan dan digunakan untuk memenuhi berbagai permintaan SYL.*