Peluang Anies-Bang Zaki Maju Pilgub Jakarta, Golkar: Kalau DPP Setuju, Boleh-boleh Saja

Sekretaris DPD Golkar DKI Jakarta Basri Baco | Dok Website DPRD Provinsi DKI Jakarta
Sekretaris DPD Golkar DKI Jakarta Basri Baco | Dok Website DPRD Provinsi DKI Jakarta

FORUM KEADILAN – Partai Golongan Karya (Golkar) DKI Jakarta mengungkapkan mengenai peluang Anies Baswedan dan Ketua DPD Partai Golkar DKI Jakarta Ahmed Zaki Iskandar (Bang Zaki) untuk maju Pemilihan Gubernur (Pilgub) DKI Jakarta pada November 2024 mendatang.

“Ya kalau dari DPP setuju soal Anies-Zaki ya boleh-boleh saja, kita sih senang-senang saja selama DPP Golkar menyetujui,” ucap Sekretaris DPD Golkar DKI Jakarta Basri Baco kepada wartawan di Jakarta, Selasa, 21/5/2024.

Bacaan Lainnya

Baco menekankan bahwa tidak masalah bila nantinya Bang Zaki terpilih menjadi Gubernur maupun Wakil gubernur karena prinsip mereka adalah untuk menang.

Ia menilai bahwa peluang Anies kembali menjadi Gubernur yang juga mempunyai kesempatan yang besar di Jakarta. Baco menyebut akan terus menjalankan silaturahmi dengan partai lainnya termasuk juga PKS, mulai dari kekompakan di DPRD, kesamaan pandangan hingga tujuan politik demi mencapainya komunikasi yang baik.

“Jadi ketika ada arahan DPP tidak susah untuk dijahit atau dirajut karena sudah ada komunikasi politik sebelumnya,” sebutnya.

Ia berharap pada Minggu depan, pihaknya berencana untuk bertemu dengan Partai Demokrat DKI yang kemudian bersilaturahmi ke NasDem.

Sementara itu, Komisi Pemilihan Umum (KPU) DKI menyatakan dukungan Partai politik (parpol) untuk bakal cagub dan cawagub yang disyaratkan mempunyai minimal 20 persen kursi di DPRD Provinsi berdasarkan UU Nomor 10 Tahun 2016 tentang Pemilihan Gubernur, Bupati dan Wali Kota.

“Nanti Agustus itu adalah masa pendaftaran bagi parpol, yakni diusung oleh parpol atau gabungan parpol 20 persen kursi di DPRD DKI, atau 25 persen akumulasi suara sah di DPRD,” ujar Kepala Divisi Teknis KPU DKI Jakarta Dody Wijaya.

Berdasarkan rekapitulasi Komisi Pemilihan Umum (KPU), PKS memperoleh suara parpol dan suara caleg sebanyak 1.012.028 suara dalam Pemilihan Legislatif DKI 2024.

PKS memperoleh 18 kursi DPRD DKI 2024-2029 dan Golkar mendapatkan 10 kursi pada periode 2024-2029.*