Kata Jokowi soal Momen Kedekatannya dengan Puan di WWF Bali

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyambut welcoming dinner WWF di Taman Budaya Garuda Wisnu Kencana (GWK), Bali, Minggu, 19/5/2024 malam. | YouTube Sekretariat Presiden
Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyambut welcoming dinner WWF di Taman Budaya Garuda Wisnu Kencana (GWK), Bali, Minggu, 19/5/2024 malam. | YouTube Sekretariat Presiden

FORUM KEADILAN – Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberikan respons soal momen keakraban dirinya bersama dengan Ketua DPR RI sekaligus Ketua DPP PDIP Puan Maharani yang terlihat tersenyum sumringah bersama di acara World Water Forum (WWF) ke-10 di Bali.

Hal ini ditanyakan kepada Jokowi setelah meninjau lokasi dan korban banjir bandang di Agam, Sumatera Barat (Sumbar). Menurut Jokowi, momen tersebut adalah hal biasa dikarenakan keduanya memang sudah lama dekat.

Bacaan Lainnya

“Sudah lama sekali saya akrab dan baik dengan Mba Puan,” kata Jokowi di Posko Pengungsian Batu Taba, Kabupaten Agam, Sumatera Barat (Sumbar), Selasa, 21/5/2024.

Kemudian, saat ditanyakan kembali mengenai apa yang dibahas hingga keduanya terlihat senyum-senyum. Ia hanya menjawab bahwa mereka membahas seputar WWF.

“Ya (senyum) sumringah dong, masa ngga boleh sumringah,” tuturnya.

“Yang diobrolkan ya masalah air, namanya di WWF,” lanjutnya.

Lalu, ketika ditanyakan apakah keduanya membahas pertemuan dengan Megawati, Jokowi menyebut tidak ada pembahasan itu dengan Puan.

“Dengan Mba Puan nggak ada,” jawabnya.

Sementara itu sebelumnya, Puan sendiri sudah angkat bicara mengenai momen akrabnya dengan Jokowi di WWF.

Puan awalnya melontarkan pujian mengenai jamuan makan malam yang digelar pemerintah dan membeberkan ada obrolan khusus ketika dirinya bertemu dengan Jokowi.

“Banyak obrolan khusus (dengan Jokowi). Kan sudah lihat wajah saya dan wajah Pak Presiden semringah,” imbuh Puan di Nusa Dua, Senin, 20/5/2024.

Saat disinggung mengenai pertemuannya dengan Prabowo, Puan mengatakan masih ingin fokus membahas pengelolaan air yang saat itu menjadi topik WWF-10.

“Ya, nggak gimana-gimana. Ngomonginnya tentang World Water Forum,” jawab Puan.

Puan mengaku bahwa ia sempat berjalan bersama-sama Prabowo dan Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno dalam rangkaian WWF di Bali. Tetapi, ia masih belum memberitahu mengenai hal apa yang dibahas dengan Prabowo maupun Sandiaga.

“Bicara macam-macam. Ya, sudah itu,” tandasnya

Diketahui, Momen pertemuan Jokowi dan Puan tersebut terjadi saat welcoming dinner WWF di Taman Budaya Garuda Wisnu Kencana (GWK), Bali, Minggu, 19/5/2024 malam.

Puan adalah salah satu tamu yang disambut langsung oleh Jokowi dalam acara dinner tersebut.

Puan tiba di GWK dengan mengenakan pakaian kebaya putih dan ia berjalan menuju Jokowi yang telah menunggu di lokasi penyambutan. Ia dan Puan berjabat tangan kemudian berbincang sejenak.

Kemudian keduanya berdiri bersebelahan menghadap kamera. Jokowi kemudian mempersilahkan Puan ke venue welcoming dinner dan berjalan bersamaan di atas karpet merah bersama para delegasi WWF dan duduk di kursi masing-masing.

Lalu, Jokowi kembali menyapa Puan setelah gala dinner WWF. Mereka terlihat bersalaman dan terlihat keduanya kembali berbincang.*