AHY Sambangi Balai Kota DKI, Kenang Masa Nyagub

Menteri Agraria dan Tata Ruang (ATR)/Badan Pertanahan Nasional (BPN) Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) menyambangi Balai Kota DKI Jakarta, pada Selasa, 2/4/2024. | Instagram @agusyudhoyono
Menteri Agraria dan Tata Ruang (ATR)/Badan Pertanahan Nasional (BPN) Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) menyambangi Balai Kota DKI Jakarta, pada Selasa, 2/4/2024. | Instagram @agusyudhoyono

FORUM KEADILAN – Menteri Agraria dan Tata Ruang (ATR)/Badan Pertanahan Nasional (BPN) Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) menyambangi Balai Kota DKI Jakarta. Kunjungannya ke Balai Kota membuatnya bernostalgia masa-masa saat dirinya mengikuti kontestasi Pemilihan Gubernur (Pilgub) DKI Jakarta 2017 silam.

Diketahui, AHY berpasangan dengan Sylviana Murni dalam Pilgub DKI Jakarta 2017 silam. Tetapi, keduanya kalah diputaran pertama dari pasangan Anies Baswedan-Sandiaga Uno dan Ahok-Djarot Saiful Hidayat.

Bacaan Lainnya

Walaupun kalah, AHY mengatakan ajak Pilgub DKI 2017 silam menjadi hal yang spesial di benaknya. mengingat, karir politiknya berawal di ajang Pilgub yang menurutnya tidak kalah dengan ajak pemilihan Presiden (Pilpres).

“Saya boleh sedikit nostalgia perjalanannya, boleh ya Pak Gub? DKI Jakarta ini tentunya spesial bagi saya pribadi karena perjuangan saya pertama kali di dunia politik, di sebuah kancah pilkada rasa pilpres,” ujar AHY di acara Deklarasi Kota Administrasi Jakarta Selatan sebagai Kota Lengkap dan Implementasi Layanan Sertifikat Tanah Aset Pemerintah DKI Jakarta di Balai Kota DKI Jakarta, Jakarta Pusat, Selasa, 2/4/2024.

Menurut AHY, Jakarta selalu mempunyai daya tarik tidak hanya dari segi ekonomi bisnis, tetapi melainkan dari segi politik. Ia mengatakan bahwa di kota Jakarta ini Presiden Joko Widodo (Jokowi) pernah mengabdi sebagai Gubernur DKI Jakarta.

Ia mengaku tak sedikit orang yang mempertanyakan keputusannya maju sebagai cagub, apalagi saat itu AHY masih berkarir sebagai TNI.

“Ketika itu sata terpanggil, banyak yang tanya, ada urusan apa seorang perwira relatif masih muda, TNI, pangkat mayor kok berani beraninya turun ke panggung politik Pilgub DKI Jakarta,” tuturnya.

AHY mengungkapkan bahwa ia merasa terpanggil untuk mengabdi di dunia politik sekaligus pemerintahan. AHY ingin Jakarta agar menjadi kota maju yang masyarakatnya sejahtera.

“Saya juga merasa terpanggil untuk melanjutkan pengabdian di dunia politik kemasyarakatan, dan pemerintahan tentunya. Ketika itu saya rasa cita-cita kita sama Pak Gub, ingin melihat Jakarta semakin maju kotanya, semakin sejahtera masyarakatnya,” ujarnya.

Kemudian, AHY melontarkan pujian untuk Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono yang sering blusukan ke masyarakat yang menurutnya upaya tersebut membuat masyarakat merasa dekat dengan pemimpinnya.

“Tadi Pak Gub tunjukkan foto blusukan, bagus sekali pak kalau tiap hari dilakukan itu masyarakat senang karena pemimpinnya hadir, pemerintahnya hadir, negaranya hadir. dulu kita melakukan hal serupa, ada 44 kecamatan,” pungkasnya.*