Jokowi soal Kenaikan Harga Beras: Jangan Terus Tanya ke Saya, Cek di Lapangan

Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat memberikan keterangan pers di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta, Senin, 4/3/2024 | Dok - Sekretariat Presiden
Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat memberikan keterangan pers di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta, Senin, 4/3/2024 | Dok - Sekretariat Presiden

FORUM KEADILAN – Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta kepada pada wartawan dan masyarakat agar tidak kerap menghujaninya dengan pertanyaan soal kenaikan harga beras.

“Tolong jangan terus ditanyakan ke saya, cek di lapangan sendiri, berbondong-bondong ke sana ya,” ujar Jokowi di Landasan Udara Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Senin, 4/3/2024.

Bacaan Lainnya

Ia juga meminta agar masyarakat  untuk dapat langsung memeriksakan kondisi dan harga beras di sejumlah pasar induk seperti Cipinang, Johor, dan Karawang.

“Meskipun saya tahu setiap hari harga itu naik turunnya saya tahu. Tapi tolong jangan terus ditanyakan ke saya, cek di lapangan sendiri, berbondong-bondong ke sana ya,” lanjutnya.

Jokowi juga sudah mendapatkan informasi soal harga gabah yang sudah turun di lapangan dan mengingatkan penurunan harga beras tidak boleh secara drastis, karena harus tetap mempertimbangkan kesejahteraan para petani.

Jokowi memastikan harga beras sudah mengalami penurunan di beberapa wilayah. Ia mengklaim kondisi persediaan beras di Indonesia masih aman, terutama dengan harapan sebulan ke depan panen raya yang akan terjadi.

“Tapi memang itu tidak merepresentasikan harga-harga di seluruh Tanah Air, di beberapa provinsi. Coba dicek semuanya, dicek langsung,” tuturnya.*