Bawaslu: 30 Petugas Pengawas Pemilu 2024 Meninggal Dunia saat Bertugas

Ketua Bawaslu RI Rahmat Bagja saat konferensi pers di Kantor Bawaslu, Jakarta Pusat, Kamis 15/2/2024. I M.Hafid/Forum Keadilan
Ketua Bawaslu RI Rahmat Bagja saat konferensi pers di Kantor Bawaslu, Jakarta Pusat, Kamis 15/2/2024. I M.Hafid/Forum Keadilan

FORUM KEADILAN – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) mengatakan bahwa data terkini petugas Pengawas Pemilu yang meninggal dunia saat bertugas. Sebanyak 30 orang petugas pengawas Pemilu 2024 yang meninggal dunia.

Data tersebut berdasarkan data termutakhir yang diterima pada Senin, 26/2/2024. Hari ini diketahui adalah hari terakhir tugas pengawas di tingkat TPS.

Bacaan Lainnya

“Sampai pekan ini ada penambahan sekitar 2 atau 3. Berarti sekitar 30 orang (petugas yang meninggal),” terang Ketua Bawaslu RI Rahmat Bagja di kantor DKPP, Jakarta, Senin, 26/2/2024.

Bagja mengatakan bahwa petugas Pemilu yang telah meninggal terdiri dari Pengawas Tempat Pemungutan Suara (PTPS), Panitia Kelurahan/Desa (PKD), dan Pengawas Kecamatan (Panwascam) yang meninggal diduga akibat faktor kelelahan.

Ia juga menambahkan hal itu menjadi perhatian untuk evaluasi dalam Pemilu selanjutnya dan untuk penyaluran santunan sedang dalam proses pemberian.

“Nanti evaluasinya kan kita selesaikan dulu PSU-nya (pemungutan suara ulang), rekapitulasinya, gitu,” tandasnya.*