Trik Mudah Tingkatkan Kemampuan Bicara di Depan Umum

Ilustrasi public speaking
Ilustrasi public speaking | ist

FORUM KEADILAN – Berbicara di depan umum terkadang menjadi hal yang tidak mudah bagi sebagian orang. Ketidaknyamanan menjadi pusat perhatian menjadi salah satu alasan tidak pede berbicara.

Namun, ada beberapa cara untuk meningkatkan kemampuan berbicara di depan umum. Laman Professional Development Harvard mengajarkan beberapa cara mudah untuk meningkatkan kemampuan bicara. Seperti apa caranya, berikut ulasannya.

Bacaan Lainnya

Kenali pendengar dengan baik

Berbicara di depan umum bukan mengenai diri sendiri, tetapi harus mengenali pendengar dengan baik. Hal itu akan menjadi patokan untuk menentukan pilihan kata, pola organisasi, hingga motivasi apa yang akan digunakan. Semakin relate informasi yang  disampaikan, maka akan semakin baik.

Atur materi secara efektif

Persiapan menjadi satu komponen penting sebelum tampil. Seberapa pun terbiasa dengan public speaking, persiapan tetap akan penting. Untuk itu perlu mempersiapkan kerangka tentang apa yang akan disampaikan.

Sediakan umpan balik dan beradaptasi

Usahakan untuk tetap menjaga fokus agar dapat mengukur reaksi pendengar. Perhatikan suasana dan reaksi pendengar saat berbicara, karena mungkin saja terjadi hal di luar prediksi.

Gunakan gerakan tangan serta intonasi suara dengan baik

Komunikasi non-verbal bisa membawa pesan yang besar bagi pendengar. Jadi, jangan hanya fokus pada apa yang disampaikan, tetapi juga harus memperhatikan cara penyampaiannya. Perhatikan juga posisi tangan serta gerakan yang dilakukan kala berbicara.

Gunakan sedikit humor dan bahasa yang efektif

Jangan terlalu serius dalam menyampaikan topik pembicaraan, karena hal itu akan terlihat monoton. Oleh sebab itu, cara alternatif yang bisa menarik perhatian pendengar dengan menggunakan sedikit humor dan bercerita, serta menggunakan bahasa yang efektif. Anekdot menarik juga bisa ditambahkan agar public speaking lebih menarik.*