Viral Susunan Kabinet Prabowo-Gibran, TKN dan Gibran Sebut Hoax

Calon presiden dan calon wakil presiden (capres-cawapres) nomor urut 2 Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka setelah pemungutan suara pada Rabu, 14/2/2024 malam | Instagram @fraksipartaigerindra
Calon presiden dan calon wakil presiden (capres-cawapres) nomor urut 2 Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka setelah pemungutan suara pada Rabu, 14/2/2024 malam | Instagram @fraksipartaigerindra

FORUM KEADILAN – Beredar foto susunan kabinet menteri di pemerintahan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka. Tim Kampanye Nasional (TKN) hingga Gibran buka suara.

Dalam foto yang beredar di media sosial, terlihat sejumlah nama beserta foto orang-orang yang akan mengisi posisi menteri, dewan pertimbangan presiden, dan kepala staf.

Bacaan Lainnya

Di jajaran dewan pertimbangan presiden, tertera nama serta wajah Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) yang terpampang.

Lalu ada Nusron Wahid sebagai kepala staf; Airlangga Hartarto sebagai Menko Bidang Perekonomian; Erick Thohir sebagai Menko Bidang Energi, Investasi, dan Lingkungan Hidup; Agus Harimurti Yudhoyono sebagai Menko Bidang Politik Hukum dan Keamanan; Yusril Ihza Mahendra sebagai Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia; Rosan Roeslani sebagai Menteri Luar Negeri; hingga Grace Natalie sebagai Menteri Muda Sosial, Kesejahteraan Perempuan dan Anak.

Selain mereka, masih ada puluhan nama lain dalam struktur kabinet yang beredar tersebut. Berikut fotonya:

Beredar foto susunan kabinet menteri di pemerintahan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka
Beredar foto susunan kabinet menteri di pemerintahan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka | ist

TKN-Gibran Bantah

Dewan Pakar Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran, Drajad Wibowo, mengatakan, di dalam internal tim Prabowo-Gibran, belum ada pembahasan mendetail tentang nama-nama yang ada daftar susunan kabinet yang beredar tersebut.

“Sependek pengetahuan saya, belum ada pembahasan mendetail tentang nama-nama,” ujar Drajad saat dimintai konfirmasi, Selasa, 20/2/2024.

Menurut Drajad, pihak yang membahas mengenai struktur kabinet ke depan ialah Jokowi, Prabowo, Gibran, dan para ketua umum (ketum) partai politik (parpol) pendukung.

“Selain Presiden Jokowi, Pak Prabowo, dan Mas Gibran, yang membahas adalah para ketum parpol KIM (Koalisi Indonesia Maju),” jelasnya.

“Prinsip-prinsip dan kerangka besarnya tentu sudah dibicarakan karena beliau-beliau itu sering bertemu,” imbuh Drajad.

Senada, Juru Bicara TKN Prabowo-Gibran sekaligus Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Rahayu Saraswati Djojohadikusumo menyebut, daftar yang beredar itu hoax alias berita bohong.

“Semua bocoran kabinet dari pengalaman kita semua itu biasanya hoax. Kenapa? Karena ini biasanya asumsi dan prediksi orang,” kata Sara kepada wartawan, Selasa.

Sara mengatakan, TKN Prabowo-Gibran masih menunggu hasil resmi dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) untuk hitungan Pemilihan Presiden (Pilpres) maupun Pemilihan Legislatif (Pileg).

Gibran melalui akun media sosialnya juga memastikan bahwa foto susunan kabinet yang beredar tersebut tidak lah benar.

“Gak,” jawab Gibran merespons pertanyaan netizen X terkait kebenaran foto susunan kabinet yang viral.*