Jubir Wapres Respons Ahok soal Dukung Jokowi Meski Ada Ma’ruf Amin

Juru Bicara Wakil Presiden (Jubir Wapres), Masduki Baidlowi | Web MUI Digital
Juru Bicara Wakil Presiden (Jubir Wapres), Masduki Baidlowi | Web MUI Digital

FORUM KEADILAN – Juru Bicara Wakil Presiden (Jubir Wapres), Masduki Baidlowi, memberikan respons terkait pernyataan politikus PDI Perjuangan Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok yang mengaku bahwa dulu rela memberikan dukungan Presiden Joko Widodo (Jokowi) walaupun ada Wapres Ma’ruf Amin.

Masduki menjelaskan bahwa Ahok pada saat itu hanya seorang politisi dan patuh kepada partai.

Bacaan Lainnya

“Saya kira apa yang dikatakan Pak Ahok itu dia kan seorang politisi yang satu, rasional, dia mengikuti apa yang digariskan oleh partai, jadi dia tidak melihat orang. Jadi ketika partai menggariskan sesuatu dan menugaskan seseorang dan ketepatan kemudian Ibu Megawati juga menunjukkan Kiai Ma’ruf Amin, dia tidak melihat siapapun, yang dia lihat partai,” terang Masduki, Jumat, 9/2/2024.

Masduki mengatakan salah satu buktinya saat ini Ahok masih mempunyai hubungan yang baik dengan Presiden Jokowi walaupun berbeda arah politik di Pilpres 2024. Menurutnya, Ahok adalah kader PDIP yang setia.

“Sama seperti sekarang, dia hubungannya sangat baik dengan Pak Jokowi, tapi kan dia tetap setia kepada partai. Sehingga saya kira seorang politisi seharusnya seperti itu. Jadi tidak melihat like and dislike kepada seseorang tapi melihat bagaimana sebuah partai itu merumuskan visi misinya dan itu diperjuangkan oleh kader-kadernya,” ujarnya.

“Dan kader yang bagus itu adalah yang selalu konsisten memperjuangkan visi misi partainya, dan salah satunya Pak Ahok. Saya kira bagus-bagus aja itu nggak ada masalah,” lanjutnya.

Masduki menegaskan hubungan di antara Ahok dan Ma’ruf baik-baik saja dan menyebut kedua sering bertegur sapa ketika bertemu.

“Kedua, Pak Ahok dengan Kiai Ma’ruf selama ini hubungannya baik, ketemu di jalan bersapa saling tegur baik. Jadi hal-hal yang terkait perbedaan-perbedaan yang ada pada Pak Ahok dan Pak Ma’ruf tidak membawa hubungan-hubungan sisi kemanusiaannya terhenti, nggak ada itu. Itu ditunjukkan Kiai Ma’ruf dan Pak Ahok selama ini,” ucapnya.

Sebelumnya diketahui, Ahok mengungkapkan PDI Perjuangan sudah menugaskan Presiden Jokowi untuk menjalankan nawacita. Oleh karena itulah, Ahok mengklaim rela mendukung Jokowi di Pilpres 2019 walaupun ada Ma’ruf Amin.

Ahok menyebut bahwa nawacita dan trisakti Presiden ke-1 RI Soekarno yang harus diteruskan oleh Presiden Jokowi 10 tahun adalah Ganjar Pranowo.*