Gen Z dan Milenial Merapat! Ini 3 Cara untuk Bijak Memilih di Pemilu 2024

Ilustrasi memilih di Pemilu
Ilustrasi memilih di Pemilu | ist

FORUM KEADILAN – Pemilihan umum sebentar lagi, dan rakyat Indonesia bersiap merayakan pesta demokrasi pada 14 Februari 2024.

Dalam pemilu kali ini, pemilih didominasi oleh Generasi Z  (Gen Z) dan Milenial, dibuktikan oleh data Daftar Pemilih Tetap (DPT) dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) bahwa sebanyak 66,82 juta atau 33,60 persen pemilih berasal dari generasi Milenial, sementara 46,8 juta atau 22,85 persen berasal dari Gen Z.

Bacaan Lainnya

Dengan fakta ini, buat Anda para G Z dan Milenial, yang dianggap sebagai generasi paling melek teknologi, manfaatkan keahlian tersebut sebagai sarana untuk bersikap cermat dalam memilih pemimpin bagi negara ini.

Anda dapat mengakses dan meneliti sebanyak mungkin informasi terkait Pemilu 2024. Salah satu platform yang dapat Anda pertimbangkan dalam memilih pemimpin Indonesia untuk lima tahun ke depan adalah BijakMemilih.

BijakMemilih ialah situs web yang menyediakan informasi seputar isu-isu, partai politik, dan kandidat presiden yang relevan untuk membantu Anda membuat keputusan di Pemilu 2024.

Terdapat tiga cara untuk bijak memilih calon presiden dan calon wakil presiden (capres-cawapres) 2024, simak penjelasan berikut ini.

1. Pahami Isu

Dalam website BijakMemilih, Anda diarahkan untuk mencari tahu kebijakan terkait masalah sehari-hari yang menjadi keresahanmu.

Tidak perlu khawatir, bagi Anda yang belum mengetahui isu strategis apa yang penting untuk dirimu, Anda dapat mengikuti kuis yang disediakan oleh website BijakMemilih. Tidak sesusah kuis di sekolah atau kuliah, kok.

Anda hanya harus memilih 1 sampai 4 dari pernyataan yang diberikan. Lalu akan muncul hasil isu strategis yang relevan dengan dirimu. Anda juga dapat mempelajari isu-isu terkait.

2. Kenali Partai

Untuk menjadi pemilih yang cermat dan bijak, Anda harus mengetahui track record partai-partai politik di Indonesia.

Anda dapat melihat profil dari masing-masing partai politik hingga kasus korupsi yang dilakukan kader partai tersebut.

Penting mengenali para partai politik karena mereka akan memiliki kuasa yang sangat besar pada kebijakan negeri ini.

3. Pelajari Kandidat

Last but not least, Anda harus mengenal para kandidat capres dan cawapres, mulai dari rekam jejak dan gagasan kandidat.

Selain itu, di website BijakMemilih, Anda dapat membaca rangkuman debat Pilpres 2024. Jadi jangan khawatir, jika Anda ketinggalan debat capres maupun cawapres.

Hadirnya platform BijakMemilih, membantu para Gen Z dan Milenial untuk dapat bijak dan cermat memilih capres-cawapres hingga partai politik yang terlibat.

Namun, yang perlu ditekankan, janganlah menjadikan website ini sebagai sumber informasi utama. Gunakan BijakMemilih sebagai referensi dan pertimbangan Anda, dan padukan dengan informasi yang Anda dapatkan dari sumber-sumber lainnya.

Mari generasi muda, gunakan hak pilihmu dengan bijak dan cermat. Jangan sampai golput ya, sobat!*

Laporan Rini Haryani