Sanitasi Baik Cegah Perubahan Iklim Ekstrem

Rudy Wahyu Perdana di Podcast Forum Karbon, Kamis 17/1/2024. I Syahrul Baihaqi/Forum Keadilan
Rudy Wahyu Perdana di Podcast Forum Karbon, Kamis 17/1/2024. I Syahrul Baihaqi/Forum Keadilan

FORUM KEADILAN – Pendiri Jamban.id Rudy Wahyu Perdana mengatakan bahwa platform yang ia buat dapat memudahkan masyarakat dalam mengakses sanitasi di Indonesia. Menurutnya, sanitasi menjadi penting karena dapat mempengaruhi perubahan iklim.

Rudy menyebut, Jamban.id telah berdiri sejak 2019 lalu. Selain peduli soal sanitasi, pihaknya juga melakukan penelitian terkait pola perilaku masyarakat di Indonesia terhadap sanitasi.

Bacaan Lainnya

“Kita mencari letak permasalahan dan juga mencari solusi atas masalah tersebut,” ucap Rudy di Podcast Forum Karbon, Kamis 11/1/2024.

Rudy menjelaskan, sanitasi sangat berkaitan dengan masalah lingkungan hidup. Jika sanitasi buruk, maka dapat menyebabkan kerusakan lingkungan dan juga perubahan iklim atau efek gas rumah kaca.

“Terdapat dampak atas perubahan iklim yang terjadi di Bumi, seperti turunnya permukaan tanah dan juga sulitnya masyarakat dalam mendapatkan akses air bersih,” jelasnya.

Menurutnya, persoalan sanitasi bukan hanya pekerjaan rumah pemerintah saja namun juga masalah bersama. Untuk itu, Rudy memfokuskan kegiatannya pada sanitasi dan mengajak masyarakat untuk turut berperan di dalamnya

“Kami fokus pada sanitasi karena tahu ada masalah dan ingin mengajak masyarakat untuk bekerja sama dengan pemerintah,” terangnya.

Rudy juga memaparkan bahwa proses sanitasi yang mereka buat itu layak karbon. Mulai dari pengumpulan sampai daur ulang air, semua prosesnya menggunakan teknologi yang bisa menyelamatkan penggunaan air bersih.*

Laporan Syahrul Baihaqi