Luhut Umumkan BYD akan Masuk ke Pasar RI Pekan Depan

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan | Instagram @luhut.pandjaitan
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan | Instagram @luhut.pandjaitan

FORUM KEADILAN – Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan bahwa produsen mobil listrik asal Cina, Build Your Dream atau BYD, akan masuk ke pasar kendaraan listrik berbasis baterai Indonesia pekan depan.

“Kabar baik yang perlu saya sampaikan adalah sebentar lagi produsen mobil listrik asal Cina, BYD, akan resmi meramaikan pasar kendaraan listrik berbasis baterai di Indonesia minggu depan,” ucap Luhut dalam postingan video Instagram pribadi miliknya, Jumat, 12/1/2024.

Bacaan Lainnya

Ia juga menyebut, BYD akan melakukan peluncurannya pada 18 Januari 2024 mendatang.

“Mereka (BYD) tanggal 18 (Januari 2024) ini mau launching, dan itu akan membawa era baru Indonesia,” kata Luhut.

Menurut Luhut, kehadiran BYD dapat memperkuat untuk Indonesia sebagai bagian dari peta ekspansi bisnis jangka panjang.

Momen tersebut juga digunakan oleh Menko Marves ini untuk melakukan percepatan adopsi kendaraan listrik di Indonesia.

Luhut menyambut secara positif kehadiran BYD di pasar dalam negeri, karena ia menilai secara penjualaan BYD berhasil untuk melewati penjualan produsen mobil listrik asal Amerika Serikat yakni, Tesla.

“Dia (BYD), kan, sekarang sudah melampaui Tesla sales-nya ya. Kualitasnya pun tidak kalah dengan Tesla,” tutur Luhut.

Diharapkan kehadiran BYD ini dapat membantu untuk menangani masalah polusi udara di banyak kota besar, terutama di Jakarta.

Terdapat dua langkah yang akan diambil pemerintah dan langkah pertama tersebut dengan mempercepat adopsi kendaraan listrik, terutama sepeda motor.

Pemerintah juga akan secepatnya memutuskan penggunaan Euro 4 dan Euro 5 yang rendah kadar sulfur demi mengurangi polusi.*