Timnas AMIN: Membangun 40 Kota Setara Jakarta Merupakan Program Realistis

Anggota Dewan Pertimbangan Timnas Amin, Awalil Rizky (kedua dari kiri) memberikan keterangan terakit program Anies-Muhaimin, Jumat 12/1/24. I Syahrul Baihaqi/Forum Keadilan
Anggota Dewan Pertimbangan Timnas Amin, Awalil Rizky (kedua dari kiri) memberikan keterangan terakit program Anies-Muhaimin, Jumat 12/1/24. I Syahrul Baihaqi/Forum Keadilan

FORUM KEADILAN – Anggota Dewan Pertimbangan Tim Pemenangan Nasional Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (Timnas AMIN) Awalil Rizky menyebut, gagasan pasangan calon presiden dan calon wakil presiden (capres-cawapres) AMIN untuk membangun 40 kota setara Jakarta merupakan gagasan yang realistis.

Hal itu ia sampaikan dalam diskusi bertajuk ‘Pembangunan Kota-Kota di Indonesia agar Setara dengan Jakarta’ yang digelar di Sekretariat Koalisi Perubahan, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Jumat 12/1/2024.

Bacaan Lainnya

Rizky berpendapat, gagasan AMIN untuk membangun kota sangat memungkinkan karena pembangunan tersebut tidak dari nol, melainkan dari kota-kota yang sudah berdiri.

“Kami sangat yakin, lima tahun waktu yang cukup untuk (40 kota tersebut) sudah dibangun,” katanya.

Ia pun menegaskan ide pembangunan 40 kota yang digagas AMIN selalu bias karena mindset (pemikiran) pasangan lain dalam membangun kota ialah membangun infrastruktur.

Padahal, pembangunan 40 kota yang dicanangkan AMIN berbeda dengan pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN). Dalam pembangunan 40 kota tak perlu aturan-aturan khusus seperti IKN. Jadi, tidak perlu khawatir pembangunan 40 kota itu dapat berjalan atau tidak, karena secara aturan, pembangunan tersebut tidak akan ada masalah.

Rizky menjamin, selama masih ada keingingan politik (political will), pembangunan 40 kota akan terus berjalan.*

Laporan Syahrul Baihaqi