Anies Kembali Singgung IKN: Pikirkan Pembangunan untuk Seluruh Pulau, Bukan Hanya Satu Lokasi

Anies Baswedan. | Ist
Anies Baswedan. | Ist

FORUM KEADILAN – Calon Presiden (capres) nomor urut 1, Anies Baswedan menilai bahwa pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN) yang tengah dilakukan di Pulau Kalimantan tak harus menjadi prioritas.

Hal tersebut disampaikan oleh Anies saat dirinya berdiskusi dengan masyarakat Kota Pontianak, Kalimantan Barat, dalam acara Desak Anies di Aming Coffee Podomoro, Selasa, 26/12/2023.

Bacaan Lainnya

Menurutnya, jika pemerintahan ingin melakukan pembangunan seharusnya pelaksana kebijakan telah memikirkan keputusan tersebut akan memberikan dampak pada masyarakat luas.

“Ketika kita bicara soal pembangunan, pikirkanlah pembangunan untuk satu pulau, untuk seluruh penduduk di pulau ini, bukan hanya satu lokasi, seakan-akan semua mendapatkan sesuatu,” ujar Anies, Selasa, 26/12/2023.

Ia meyakini, manfaat yang didapatkan dari pembangunan IKN hanya akan dirasakan oleh orang-orang yang bekerja di lingkungan pembangunan proyek saja, tetapi manfaat ini tak dirasakan oleh masyarakat secara menyeluruh.

Di sisi lain, kebijakan pembangun IKN juga dianggapnya tak mengubah nasib masyarakat.

“Yang mendapatkan sesuatu hanya yang bekerja di tempat itu. Mereka yang tidak bekerja di tempat itu tidak mendapat apa-apa,” lanjut Anies.

“Mungkin kita bangga karena ada sebuah kota yang dibangun di pulau kita, akankah kebanggaan itu mengubah nasib kita?” tambah Anies.

Karena itu, menurutnya pembangunan IKN bukan sesuatu hal yang menjadi kewajiban untuk diselesaikan dengan segera.

Ia menambahkan juga bahwa masih banyak hal-hal mendasar di Kalimantan yang harus dikerjakan oleh pemerintah pusat.

“Bereskan kebutuhan dasar, bereskan hal-hal yang memang fundamental, dari situ Kalimantan akan maju dan rakyatnya akan sejahtera,” pungkas Anies.*