Cara Praktis Membuat Daftar Pustaka di Google Docs

Ilustrasi Google Docs
Ilustrasi Google Docs | ist

FORUM KEADILANDaftar pustaka merupakan bagian akhir dari sebuah karya tulis yang berisi referensi atau daftar sumber-sumber informasi yang telah digunakan penulis dalam menyusun suatu karya tulis, seperti makalah, artikel jurnal, skripsi, tesis, buku, atau dokumen lainnya.

Terdapat berbagai format dan gaya penulisan daftar pustaka sesuai dengan pedoman penulisan yang digunakan, seperti APA (American Psychological Association), MLA (Modern Language Association), Chicago, Harvard, atau gaya penulisan lainnya.

Bacaan Lainnya

Penulis mencantumkan daftar pustaka sebagai bentuk penghargaan kepada sumber asli atau pencipta sumber informasi yang digunakan dalam karya tulis.

Daftar pustaka juga membantu mencegah plagiat dan berguna bagi pembaca untuk memeriksa serta memverifikasi sumber-sumber yang digunakan dalam karya tulis.

Menyusun daftar pustaka dapat dilakukan secara manual, namun hal ini dinyatakan kurang efektif dan memakan waktu lebih lama jika referensi yang digunakan cukup banyak.

Sekarang, Anda tidak perlu khawatir, Google Docs hadir untuk membantu memangkas waktumu dalam menyusun daftar pustaka karya tulis Anda.

Google Docs ialah Aplikasi pengolah kata yang dapat diakses melalui ponsel, laptop dan perangkat lainnya secara daring. Aplikasi ini tentunya memiliki berbagai fitur menarik untuk memudahkan pekerjaanmu salah satunya membuat daftar pustaka.

Berikut cara praktis membuat daftar pustaka di Google Docs.

  1. Buka Google Docs di mesin pencarian web Anda
  2. Buat dokumen baru atau pilih dokumen yang sudah Anda buat sebelumnya.
  3. Pilih menu “Alat” di toolbar
  4. Klik “kutipan”
  5. Pilih format daftar pustaka sesuai dengan pedoman penulisan yang Anda gunakan seperti APA, MLA, dan Chicago.
  6. Klik + (tambahkan sumber kutipan)
  7. Pilih jenis sumber yang Anda gunakan seperti buku, situs, artikel jurnal dan lainnya
  8. Pilih “diakses oleh”, sumber yang Anda dapatkan melalui situs, cetak atau database online.
  9. Kemudian pilih “kutip secara manual” untuk melengkapi detail sumber seperti nama penulis, nama penerbit, tahun terbit dan lainnya.
  10. Lalu, “tambahkan sumber kutipan” maka akan muncul sumber yang telah Anda masukan di kolom kanan sebagai daftar pustaka.
  11. Klik “sisipkan karya yang dikutip” pada bagian paling bawah.
  12. Jika ingin menyunting atau menghapusnya, klik tanda titik tiga di pojok atas kolom sumber.

Laporan Rini Haryani