Pihak Keluarga Ungkap Sikap Merakyat Mendiang Rizal Ramli

Tim komunikasi keluarga Rizal Ramli, Yosef Sampurna Nggarang, saat menyampikan keterangan kepada media di TPU Jeruk Purut, Jakarta Selatan, Kamis, 4/1/2023 | Ari Kurniansyah/Forum Keadilan
Tim komunikasi keluarga Rizal Ramli, Yosef Sampurna Nggarang, saat menyampikan keterangan kepada media di TPU Jeruk Purut, Jakarta Selatan, Kamis, 4/1/2023 | Ari Kurniansyah/Forum Keadilan

FORUM KEADILAN – Mantan Menteri Keuangan Indonesia Rizal Ramli dimakamkan di TPU Jeruk Purut, Jakarta Selatan, Kamis, 4/1/2024. Pemakaman dilakukan secara sederhana tanpa perlakuan khusus layaknya pejabat lainnya.

Menurut pihak keluarga, kesederhanaan dari prosesi pemakaman itu merupakan keinginan Rizal sendiri. Rizal diketahui juga enggan menandatangani form pensiun dari jabatan pemerintahan, sebab menurut Rizal jabatan hanya amanah.

Bacaan Lainnya

Hal tersebut diungkap oleh tim komunikasi keluarga Rizal Ramli, Yosef Sampurna Nggarang, setelah melakukan prosesi pemakaman.

“Saya buka di sini bahwa beliau juga menolak ketika disodorkan form untuk pensiunan sebagai menteri. Beliau menolak, karena beliau katakan bahwa jabatan hanya amanah. Oleh karena itu, beliau menolak,” ucap pria yang akrab disapa Yose itu kepada media di TPU Jeruk Purut, Jakarta Selatan, Kamis, 4/1.

Yose mengatakan, meskipun penolakan tersebut, negara tetap memberikan peran terhadap Rizal Ramli. Semasa hidup, Rizal sempat berwasiat untuk tidak dimakamkan secara kenegaraan, karena ia menginginkan agar selalu dekat dengan rakyat.

“Kemudian juga tidak dimakamkan secara kenegaraan meskipun beliau pejabat karena itu memang wasiat beliau, karena almarhum lebih dekat dengan semua orang, dengan rakyat,” ujarnya.

Yose menuturkan, mewakili pihak keluarga mengucapkan terima kasih kepada pihak yang telah men-support sejak beliau masih hidup hingga akhir hayatnya, sehingga Rizal menjadi sosok figur yang dicintai masyarakat.

“Kita berterima kasih atas nama keluarga. Jadi hari ini betul-betul Rizal Ramli di rumah menjadi milik keluarga tetapi di luar rumah menjadi milik kita semua, menjadi kawan bang Rizal Ramli,” tutupnya.*

Laporan Ari Kurniansyah