5 Rekomendasi Tempat Liburan Akhir Tahun yang Menarik

Ilustrasi map dunia | Ist
Ilustrasi map dunia | Ist

FORUM KEADILAN – Liburan akhir tahun menjadi momen yang paling ditunggu-tunggu. Selain bisa berkumpul dengan Keluarga, libur akhir tahun juga mencari salah satu cara untuk melepaskan penat setelah anda sudah bekerja keras selama satu tahun ke belakang.

Liburan akan memberikan healing dan semangat baru untuk menghadapi tahun yang akan datang.

Bagi anda yang bingung karena masih belum ada tahu tempat-tempat liburan mana saja yang bisa dikunjungi, berikut 5 rekomendasi:

1. Bali, Indonesia

Bali, Indonesia | Ist
Bali, Indonesia | Ist

Bali selalu menjadi destinasi liburan yang menarik dengan pantai-pantainya yang indah, kehidupan malam yang ramai, dan budaya yang kaya.

Bali memiliki pantai-pantai yang memukau dengan pasir putih, air biru jernih, dan ombak yang cocok untuk berselancar. Pantai-pantai terkenal seperti Kuta, Seminyak, Nusa Dua, dan Uluwatu menjadi daya tarik utama bagi pengunjung.

Tidak hanya itu, Bali dikenal sebagai “Pulau Dewata” karena memiliki ribuan pura dan kuil Hindu. Pura Besakih, Pura Tanah Lot, dan Pura Uluwatu adalah beberapa pura terkenal yang mencerminkan keindahan arsitektur dan keagamaan Bali.

Pertunjukan tari tradisional seperti Kecak dan Barong, patung, lukisan, dan kerajinan tangan Bali yang indah menjadi daya tarik bagi pecinta seni dan budaya.

Lanskap padi terasering di daerah seperti Tegallalang di Ubud menjadi ciri khas Bali yang ikonik.

Pemandangan hijau yang indah ini menciptakan panorama alam yang tidak bisa anda lewatkan dan tempat-tempat seperti Tirta Empul dan Campuhan Ridge Walk menjadi tujuan populer untuk trekking dan aktivitas alam.

2. Kyoto, Jepang

Kyoto, Jepang | Ist
Kyoto, Jepang | Ist

Kyoto di Jepang bisa menjadi destinasi yang tepat bagi anda yang mencari ketenangan dan keindahan alam. Pasalnya Kyoto terkenal dengan kuil-kuil bersejarah, kebun-kebun indah, dan tradisi Jepang yang kental.

Wisata kuliner di Kyoto juga tak kalah menarik, banyak tempat kuliner yang patut dicoba seperti, kaiseki ryori, yudofu (tofu panas), matcha (teh hijau) dan wagashi (kue Jepang), obanzai ryori, kyo-kaiseki, okonomiyaki di Hiro Yasu, dan Nishiki Market.

3. Queenstown, Selandia Baru

Queenstown, Selandia Baru | Ist
Queenstown, Selandia Baru | Ist

Dikelilingi oleh Pegunungan Remarkables dan Danau Wakatipu, Queenstown menawarkan berbagai kegiatan seperti olahraga ekstrim seperti paralayang, skydiving, jet boating, dan bungee jumping.

Wilayah sekitar Queenstown juga terkenal dengan pengembangan industri anggur dan pembuatan wiski. Banyak kebun anggur dan pabrik wisky di sekitar Queenstown yang menawarkan wisata anggur dan pengalaman berwisata wiski.

Buat anda ingin mencoba kegiatan ski, Queenstown memiliki resor ski terkenal. The Remarkables dan Coronet Peak menawarkan pengalaman untuk berolahraga salju.

Jangan lewatkan untuk menghadiri berbagai festival dan acara sepanjang tahun, yakni Winter Festival, Festival Anggur Queenstown dan beberapa acara musik dan seni.

4. New York City, Amerika Serikat

Patung Liberty di di Pulau Liberty, Muara Sungai Hudson, Pelabuhan New York, Amerika Serikat | Ist
Patung Liberty di di Pulau Liberty, Muara Sungai Hudson, Pelabuhan New York, Amerika Serikat | Ist

New York City selalu menjadi destinasi menarik, terutama selama musim liburan. Times Square adalah pusat hiburan dan pertokoan yang paling terkenal di dunia. Dikenal dengan lampu-lampu neon yang cerah, Broadway, dan pertunjukan seni jalanan, Times Square merupakan ikon kota New York.

Anda juga bisa mengunjungi Central Park yang merupakan taman terbesar di New York yang menawarkan pengunjung area hijau, danau, jalur sepeda, dan berbagai acara dan kegiatan sepanjang tahun.

New York memiliki sejumlah museum terkenal, termasuk Museum Seni Metropolitan (The Met), Museum Seni Modern (MoMA), dan Museum Sejarah Alam.

Jangan sampai melewat kan berbagai acara besar seperti Parade Hari Thanksgiving, Tahun Baru di Times Square, serta acara-acara seni dan musik internasional.

5. Reykjavik, Islandia

Reykjavik, Islandia | Ist
Reykjavik, Islandia | Ist

Reykjavik adalah salah satu tempat terbaik di dunia untuk menyaksikan Aurora Borealis atau Southern Lights. Fenomena alam yang spektakuler ini terjadi terutama di musim dingin, dan Reykjavik menjadi basis yang nyaman untuk mencari pengalaman melihat aurora.

Di Reykjavik, Anda dapat menikmati air panas di Blue Lagoon, sumber air panas geotermal yang terkenal.

Gereja Hallgrimskirkja merupakan landmark paling terkenal di Reykjavik. Menara jamnya yang tinggi memberikan pemandangan indah kota, dan desain arsitekturnya yang unik membuatnya menjadi tempat kunjungan yang populer.

Reykjavik juga menggelar berbagai festival dan acara sepanjang tahun, termasuk Reykjavik Arts Festival dan Reykjavik International Film Festival.*