Sejumlah Kades Mendapatkan Titipan dari Jokowi soal Pemilu Damai 2024

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan keterangan pers di Bandara Halim Perdanakusuma, Sabtu, 16/12/2023 | Youtube Sekretariat Presiden
Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan keterangan pers di Bandara Halim Perdanakusuma, Sabtu, 16/12/2023 | Youtube Sekretariat Presiden

FORUM KEADILAN – Sejumlah Kepala Desa (Kades) dari beberapa asosiasi mengungkapkan mendapat titipan dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) tentang Pemilu 2024 di Istana Negara.

Bendahara Umum Perkumpulan Aparatur Pemerintahan Desa Seluruh Indonesia (Papdesi) Sujiono menyebutkan bahwa Jokowi ingin para Kades untuk mewujudkan Pemilu damai.

Bacaan Lainnya

“Titipan Pak Presiden tadi menitipkan kepada kami para Kepala Desa yang hadir ini untuk menjaga Pemilu ini betul-betul tidak ada kecurangan, Pemilu ini damai lancar,” ujar Sujiono di Istana Kepresidenan Jakarta, Jumat, 29/12/2023.

Sekretaris Jenderal (Sekjen) DPP Papdesi Sentot Rudi mengatakan para Kepala Desa telah menemui Jokowi untuk membahas terkait revisi UU Desa dan mereka juga menyampaikan aspirasi dari masyarakat Desa.

Menurut Rudi, pertemuan antara Kepala Desa dengan Jokowi tidak fokus membahas politik terutama lagi soal pemenangan Gibran Rakabuming Raka.

“Tidak ada. Tadi sama sekali tidak menyinggung politik,” tutur Rudi.

Sebelumnya diketahui, Jokowi telah beberapa kali berkomunikasi dengan Kepala Desa menjelang pemilu yang dilakukan pada 7 November 2023 di Istana Negara.

Salah satu Kepala Desa, Surta Wijaya, mengatakan tidak ada pembahasan politik dan mengungkapkan hanya menyampaikan aspirasi tentang revisi Undang-Undang Desa.

Tetapi, Surta Wijaya dkk menggelar acara Silaturahmi Nasional Desa Bersatu di Indonesia Arena, Jakarta, 12 hari kemudian.

Acara tersebut dihadiri oleh Gibran dan Panitia hanya mengundang Gibran Rakabuming Raka dan petinggi-petinggi Partai Koalisi Indonesia Maju (KIM).

Koordinator Nasional Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (APDESI) Muhammad Asri Annas menyebut paslon Prabowo-Gibran peduli dengan desa.

“Poin-poin ini kelihatannya Bapak Prabowo dan Mas Gibran yang sedikit mau merespons. Buat kami, kami tidak terlalu peduli dengan janji-janji capres, kami lebih peduli pada siapa yang mau peduli dengan desa,” pungkas Anas.*