7 Mitos Santa Claus

Ilustrasi Santa Claus atau Sinterklas | Ist
Ilustrasi Santa Claus atau Sinterklas | Ist

FORUM KEADILAN – Tokoh Santa Claus menjadi sosok legendaris sebagai sosok yang memakai pakaian baju berwarna merah dengan topi ciri khasnya, memberikan hadiah Natal yang menaruhnya di bawah pohon Natal.

Dibalik sosok yang legendaris, terdapat beberapa mitos yang menyertainya. Berikut beberapa mitos mengenai Santa Claus:

Bacaan Lainnya

1. Asal Mula Santa Claus

Mitos Santa Claus sering berkaitan dengan tokoh sejarah bernama Saint Nicholas yakni seorang Uskup Kristen pada abad ke-4 yang dikenal karena kebaikannya kepada anak-anak dan orang miskin.

Kisah tersebut menjadi berkembang dan telah melibatkan elemen-elemen seperti memberikan hadiah secara diam-diam.

2. Keberadaan Rumah Santa di Kutub Utara

Salah satu mitos yang terkenal adalah Santa Claus yang tinggal di Kutub Utara di sebuah rumah yang sangat besar dan tinggal bersama peri dan makhluk ajaib.

Rumah tersebut sering diceritakan sebagai tempat yang sangat ramai dan sibuk pada bulan Desember tiba, dimana para peri membantu Santa untuk menyiapkan hadiah-hadiah untuk anak-anak.

3. Elves atau Peri Pembantu Santa

Mitos ini melibatkan kelompok makhluk kecil yang disebut sebagai “Elves” atau peri pembantu Santa Claus.

Elves diyakini membantu Santa dalam merancang dan membuat mainan dan nuga membantu dengan tugas-tugas persiapan lainnya.

4. Kereta Roda Terbang atau Sleigh

Di buku bergambar atau cerita yang sudah beredar di masyarakat, Santa menggunakan kereta yang ditarik oleh rusa kutub yang terbang mengelilingi dunia dan memberikan hadiah kepada anak-anak dan menaruhnya di bawah pohon Natal.

Kereta tersebut bisa melintasi langit dengan cepat untuk mengunjungi setiap rumah di malam Natal.

5. Daftar Nakal dan Baik

Dikatakan, Santa mempunyai daftar yang mencantumkan perilaku baik dan nakal anak-anak sepanjang tahun.

Anak-anak yang berperilaku baik akan mendapatkan hadiah, tetapi yang anak hanya mendapatkan batu arang atau hadiah yang kurang menarik.

6. Masuk Melalui Cerobong Asap (Chimney Entry)

Mitos mengenai Santa yang umum adalah Santa masuk ke rumah-rumah penduduk melalui cerobong asap (chimney) untuk memberikan hadiah dan sering kali dalam cerita tersebut, Santa melakukannya tanpa satu orang pun yang melihat atau mendengar.

7. Wujud Santa

Beberapa orang mengklaim telah melihat Santa Claus atau mendengar lonceng kereta rusa kutub pada malam Natal walaupun hal tersebut lebih ke arah folklore dan kepercayaan pribadi masing-masing orang ketimbang bukti konkret.

Demikian 7 mitos mengenai Santa Claus. Mitologi tersebut terus berkembang dan berubah seiringnya waktu, dan banyak dari mitos ini tetap ada di masyarakat untuk menciptakan keajaiban saat musim liburan, terutama untuk anak-anak.*

Pos terkait