Jenderal Agus Subiyanto Resmi Dilantik Jadi Panglima TNI

Pelantikan Jenderal Agus Subiyanto menjadi Panglima TNI, Rabu, 22/11/2023 | YouTube Sekretariat Presiden
Pelantikan Jenderal Agus Subiyanto menjadi Panglima TNI, Rabu, 22/11/2023 | YouTube Sekretariat Presiden

FORUM KEADILAN – Jenderal Agus Subiyanto resmi dilantik menjadi Panglima TNI menggantikan Laksamana Yudo Margono yang memasuki masa pensiun, Rabu, 22/11/2023.

Pelantikan tersebut dipimpin oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Negara, Jakarta Pusat, pukul 08.30 WIB.

Bacaan Lainnya

Pelantikan diawali dengan pembacaan keputusan presiden mengenai pemberhentian dan pengangkatan Panglima TNI. Kemudian, Jokowi memberikan tanda pangkat dan menyerahkan tongkat Komando Panglima TNI kepada Jenderal Agus Subianto.

Setelahnya, pembacaan sumpah jabatan yang dipimpin Presiden Jokowi, dan diikuti Jenderal Agus Subianto.

“Demi Allah saya bersumpah bahwa saya akan setia kepada NKRI yang berdasarkan pancasila dan UUD 1945, serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya demi darma bakti saya kepada bangsa dan negara, bahwa saya dalam menjalankan tugas jabatan akan menjunjung tinggi etika jabatan, bekerja dengan sebaik baiknya dan dengan penuh rasa tanggung jawab bahwa saya akan menjunjung tinggi sumpah prajurit,” bunyi petikan sumpah jabatan yang dibacakan Jenderal Agus Subiyanto.

Hadir dalam pelantikan tersebut Panglima TNI sebelumnya Laksamana Yudo Margono, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, Kepala Badan Intelijen Negara Budi Gunawan, Jaksa Agung ST Burhanuddin, dan Ketua Wantimpres Wiranto.

Para menteri Kabinet Indonesia Maju pun terlihat hadir. Mereka di antaranya Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Menteri Sekretaris Negara Indonesia Pratikno, dan Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Mahfud MD, dan Menteri Investasi Bahlil Lahadalia.

Ketua DPR RI Puan Maharani, Wakil Ketua DPR Sufmi Dasco Ahmad serta Rachmat Gobel, Pj Gubernur DKI Heru Budi Hartono, KSAU Marsekal Fadjar Prasetyo, dan KSAL Laksamana Muhammad Ali, juga terlihat hadir.

Jenderal Agus sendiri baru dilantik sebagai Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) pada 25 Oktober 2023. Ia menggantikan Dudung Abdurachman yang telah pensiun.

Tidak lama setelah pelantikannya, namanya dicalonkan Presiden Joko Widodo sebagai calon tunggal Panglima TNI.*