Mengenal Perilaku Impulsif, Penyebab & Cara Mengatasinya

Ilustrasi impulsif
Ilustrasi impulsif | manhattacbt.com

FORUM KEADILAN – Impulsif adalah sikap seseorang yang melakukan suatu tindakan tanpa memikirkan akibatnya.

Perilaku ini juga dapat didefinisikan sebagai kondisi ketika seseorang melakukan suatu tindakan tanpa berpikir panjang atau memikirkan konsekuensinya.

Mereka mungkin merespons sesuatu dengan cepat tanpa mempertimbangkan secara mendalam atau melakukan evaluasi yang rasional terhadap situasi tersebut.

Yuk, kenali perilaku ini lebih lanjut!

Penyebab perilaku impulsif

Penyebab utama dari perilaku impulsif yang terjadi secara berulang adalah kontrol diri yang tidak baik. Namun, tindakan ini juga bisa menjadi pertanda dari gangguan kesehatan mental dalam diri Anda.

Berikut beberapa gangguan mental yang ditandai dengan perilaku impulsif.

  • Attention-deficit hyperactivity disorder (ADHD)
  • Bipolar
  • Gangguan kepribadian seperti borderline personality disorder dan gangguan kepribadian antisosial (sosiopat)
  • Gangguan makan
  • Kecanduan alkohol dan obat-obatan terlarang

Cara Menangani Impulsif

Pada umumnya perilaku impulsif baru bisa dianggap sebagai gejala dari gangguan psikologis apabila sudah terjadi berulang kali, semakin tidak terkendali, dan telah merugikan banyak pihak.

Beberapa cara penanganan yang dapat dilakukan untuk menanagani perilaku impulsif adalah sebagai berikut.

  1. Terapi Psikologis (Psikoterapi)

Cara berikutnya adalah dengan menjalani terapi psikologis (psikoterapi), terutama dialectical behavior therapy (DBT) dan cognitive behavioral therapy (CBT).

Melalui terapi ini, dokter akan membimbing dan melatih pasien untuk mengubah perilaku impulsif dan meningkatkan kemampuannya dalam berpikir sebelum bertindak atau melakukan suatu hal.

  1. Penggunaan Obat-obatan 

Perilaku impulsif adalah tindakan yang bisa disebabkan oleh gangguan psikologis, seperti attention-deficit hyperactivity disorder (ADHD), borderline personality disorder, atau gangguan bipolar.

Jika perilaku impulsif disebabkan oleh ADHD, dokter dapat meresepkan obat stimulan sistem saraf pusat, seperti amphetamine, dextroamphetamine, atau methylphenidate.

  1. Mekanisme Koping atau coping mechanism

Mekanisme koping dapat menjadi salah satu alternatif untuk mengatasi perilaku impulsif.

Teknik pernapasan dapat diterapkan ketika perilaku ini mulai muncul. Dengan menarik napas juga dapat meredakan stres yang mungkin menjadi salah satu pemicunya.

  1. Cari dukungan

Kamu juga bisa berbagi pengalaman dengan orang-orang terdekat atau mencari dukungan dari kelompok atau profesional. Hal ini bisa membantu kamu untuk mengatasi sikap impulsif.

Mereka bisa memberikan saran, mendukung, dan membantu kamu dalam mengembangkan strategi yang lebih baik untuk menghadapi impulsivitas.*

 

Laporan Lulu Farha Chaerani