Belok ke Anies, Cak Imin Akui karena Tak Kunjung Dipinang Prabowo

Anies Baswedan dan Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKS) resmi deklarasi sebagai bakal capres-cawapres di Pilpres 2024. Anies-Cak Imin menjadi capres-cawapres pertama yang deklarasi jelang Pilpres 2024
Anies Baswedan dan Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKS) resmi deklarasi sebagai bakal capres-cawapres di Pilpres 2024. Anies-Cak Imin menjadi capres-cawapres pertama yang deklarasi jelang Pilpres 2024 | YouTube

FORUM KEADILAN – Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar atau Cak Imin blak-blakan mengaku salah satu alasannya mau menjadi bakal cawapres mendampingi Anies Baswedan lantaran tak kunjung dipinang oleh Prabowo Subianto.

Sebelumnya, PKB memang ada di kubu Gerindra bersama dengan Golkar dan PAN untuk mengusung Prabowo.

Bacaan Lainnya

“Ya, tentu saja salah satu alasannya (tidak kunjung ditunjuk oleh Prabowo,” ujarnya pada Sabtu, 2/9/2023.

Namun, ia mengatakan ada alasan yang utama.

Yakni ia dan Anies memiliki kesamaan soal gagasan dan ide.

“Tetapi yang lebih penting adalah kebersamaan dengan Pak Anies ini sudah satu gagasan, satu ide, satu gerakan, tinggal melanjutkan saja,” katanya.

Terkait dengan manuver politik ia dan partainya, Cak Imin mengaku sudah berkomunikasi dengan Gerindra dan Ketua Umum Golkar, Airlangga Hartarto. Namun, PAN belum.

“Saya sudah komunikasi teman-teman Gerindra, sama Pak Airlangga waktu ulang tahun PAN sempat ngobrol singkat, saya bilang Koalisi Pak Prabowo sudah cukup untuk bisa satu tiket, memungkinkan tanpa PKB pun bisa jalan,” katanya.

Anies dan Cak Imin sebelumnya resmi dideklarasikan sebagai pasangan capres-cawapres oleh Ketua Umum NasDem Surya Paloh di Hotel Majapahit, Surabaya, Sabtu.

Acara deklarasi hanya dihadiri pengurus NasDem dan PKB. Sementara Presiden PKS Ahmad Syaikhu tak bisa hadir dalam acara deklarasi tersebut.

Sedangkan Demokrat telah menarik dukungan dari Anies di Pilpres. Partai besutan SBY itu merasa dikhianati oleh Anies dan NasDem yang memilih Cak Imin menjadi cawapres.*