KPK Amankan Dokumen dan Barang Bukti Elektronik saat Geledah Kantor Kemensos

Kantor Kementerian Sosial
Kantor Kementerian Sosial

FORUM KEADILAN – Kepala Bagian (Kabag) Pemberitaan KPK Ali Fikri mengatakan pihaknya mengamankan sejumlah barang bukti saat melakukan penggeledahan di Kementerian Sosial pada Selasa, 23/5/2023.

Penggeledahan tersebut merupakan buntut dari dugaan korupsi penyaluran bansos berupa beras untuk Keluarga Penerima Manfaat (KPM) Program Keluarga Harapan (PKH) 2020-2021.

Bacaan Lainnya

“Selama proses penggeledahan, ditemukan dan diamankan bukti-bukti antara lain berupa berbagai dokumen dan bukti elektronik,” katanya, Rabu 24/5/2023.

Ali melanjutkan, barang bukti yang disita memiliki kaitan dengan perkara yang sedang didalami oleh KPK.

Lebih lanjut Ali menjelaskan, pihaknya segera melakukan analisis sekaligus penyitaan untuk melengkapi pemberkasan perkara.

Sebelumnya, Ali menyampaikan, penggeledahan tersebut dilakukan dalam rangka melengkapi sejumlah alat bukti terkait dengan dugaan kasus korupsi bansos tersebut.

Setelah melalui tahap penyelidikan, KPK memutuskan untuk menaikkan perkata ini ke tahap penyidikan.

“KPK mulai penyidikan baru terkait dugaan korupsi dalam pekerjaan penyaluran bantuan sosial beras untuk Keluarga Penerima Manfaat (KPM) Program Keluarga Harapan (PKH) tahun 2020 sampai dengan 2021 di Kemensos RI,” ujar Ali Fikri.*

 

Laporan Merinda Faradianti