5 Kota di Indonesia dengan Biaya Hidup Termurah, Cocok untuk Merantau Kuliah

Tugu Yogya. | Ist
Tugu Yogya. | Ist

FORUM KEADILAN – Pernahkah kamu mendengar bahwa ada beberapa kota di Indonesia yang terkenal dengan biaya hidup termurah? Beberapa tempat ini cocok untuk calon mahasiswa yang ingin kuliah dengan berhemat.

Salah satu kota yang paling diminati untuk melanjutkan pendidikan karena terkenal dengan biaya hidup termurah adalah Yogyakarta. Selain itu, beberapa perguruan tinggi di kota ini, yang juga membuatnya dikenal sebagai kota pelajar.

Bacaan Lainnya

Tentunya ada kota lain lho yang bisa membuatmu mendapatkan penawaran menarik untuk biaya kos, makanan hingga transportasi jika kamu memutuskan unntuk belajar di sana.

Apa saja kota tempat merantau itu? Yuk, simak beberapa rekomendasi beserta ulasan singkat mengapa kota ini dipilih sebagai tujuan merantau.

Lima Kota dengan Biaya Hidup Termurah

  1. Solo

Kota Solo menjadi salah satu kota di Jawa Tengah yang dikenal sebagai biaya hidup yang termurah untuk para mahasiswa. Semua biaya kos, harga makan, dan biaya transportasi tidak jauh berbeda dengan Yogyakarta.

Ada beberapa kampus yang bisa dijadikan pilihanmu untuk pendidikan, yaitu Universitas Negeri Sebelas Maret, Institut Seni Indonesia (ISI) Surakarta, Universitas Muhammadiyah Surakarta, Universitas Surakarta, dan Universitas Islam Batik. Untuk pusat perbelanjaan ada Pasar Klewer, Pusat Grosir Solo atau PGS, Assalam Hypermart, Beteng Trade Center, Hero Megaland, Luwes Group, Giant Supermarket dan King Plaza.

  1. Cirebon

Tak sepopuler Bandung, Cirebon juga termasuk kota dengan biaya hidup termurah yang berkisar Rp 1,5 juta – Rp 2 juta. Biaya ini sudah termasuk sewa kamar, biaya makan, dan transportasi selama sebulan.

Saat ini, Cirebon memiliki beberapa kampus yang bisa dijadikan pilihan pendidikanmu. Salah satu kampus terbaru adalah Institut Teknologi Bandung (ITB) cabang Cirebon.

Jika calon mahasiswa tertarik kuliah di Cirebon, kamu bisa mendapatkan biaya kos mulai dari Rp 500 ribu – Rp 800 ribu. Untuk biaya makan hanya berkisar Rp 200 ribu – Rp 250 ribu seminggu.

Dengan biaya terjangkau seperti ini, cukup murah bukan dibandingkan dengan beberapa kota lain di Jawa Barat?

  1. Yogyakarta

Kota ini disebut sebagai kota pelajar sekaligus kota yang populer di Jawa Tengah dengan biaya hidup termurah di Indonesia.

Harga kos di Yogyakarta mulai dari Rp 300 ribu – Rp 700 ribu. Bahkan hanya denga Rp 10 ribu saja kamu bisa puas membeli makan dan minum hingga kenyang lho!

Nah, total biaya hidup di Yogyakarta per bulan hanya sekitar Rp 1 juta – Rp 1,5 juta.

Jika ingin merantau sambil kuliah di Yogyakarta, ada beberapa pilihan universitas terbaik di Indonesia, mulai dari Universitas Gadjah Mada, Universitas Negeri Yogyakarta, Institut Seni Indonesia (ISI) Yogyakarta, Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga Yogyakarta, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, Universitas Islam Indonesia, Universitas Ahmad Dahlan, UPN Veteran Yogyakarta, dan lain-lain.

  1. Banyuwangi

Berpindah ke Jawa Timur, Banyuwangi merupakan kota dengan biaya hidup unutuk mahasiswa per bulannya kurang lebih Rp 1 juta-Rp1,5 juta.

Salah satu universistas terbaik di Indonesia yang juga memiliki kampus di Banyuwangi, yaitu Universitas Airlangga. Namun, pilihan kampus lainnya ada Politeknik Negeri Banyuwangi, Universitas 17 Agustus 1945 Banyuwangi, dan Universitas Bakti Indonesia. Untuk tempat wisata di Banyuwangi ada beberapa macam yang bisa kamu kunjungi dan berbatasan langsung dengan pulau Bali, seperti Watu Dodol, Kawah ljen, Green Bay dan masihh banyak lagi yang tentunya akan membuat homesick kamu hilang karena jauh dari rumah.

  1. Purwokerto

Kota Purwokerto terletak di kabupaten Banyumas menjadi pilihan tepat bagi kamu yang ingin tinggal di kota termurah dari segi biaya hidup namun tetap bisa sambil berwisata. Untuk harga kos di Purwokerto berkisar Rp 320 ribu dan harga makan hanya sekitar Rp 8 ribu – Rp 12 ribu sekali makan.

Salah satu kampus yang bisa menjadi pilihanmu ada Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed). Apakah berminat kuliah di Purwokerto?

Banyak tempat wisata menarik di Purwokerto yang bisa kamu kunjungi di sela-sela kesibukan kuliah, seperti Batu Raden, Telaga Sunyi, Curug Cipendak, dan Gua Maria Kaliori tempat wisata religi bagi kamu yang beragama Kristiani. Di kota ini kamu hanya membutuhkan sekitar satu juta rupiah untuk biaya hidup per bulan.

Nah, kota ini menjadi kota termurah dalam hal biaya hidup, bukan?* (M-2)