Mudik Lebaran 2023, Ini Daftar Tol Trans Sumatera 597 Km yang Bisa Dilintasi

Salah satu ruas tol Trans Sumatera. | Dok PT Hutama Karya
Salah satu ruas tol Trans Sumatera. | Dok PT Hutama Karya

FORUM KEADILAN – Panjang Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) yang dioperasikan PT Hutama Karya (Persero) saat mudik Lebaran 2023 mencapai 597 kilometer (Km).

Rencana pengoperasian tersebut setelah perseroan melakukan kick off terkait persiapan mudik.

Bacaan Lainnya

Ruas jalan JTTS yang siap digunakan JTTS sepanjang 597 Km meliputi ruas Bakauheni–Terbanggi Besar sepanjang 140 Km, ruas Terbanggi Besar–Pematang Panggang–Kayu Agung sepanjang 189 Km.

Ruas Palembang–Indralaya sepanjang 21,9 Km, ruas Pekanbaru–Dumai sepanjang 131 Km, ruas Medan–Binjai sepanjang 17,3 Km, ruas Binjai–Langsa Seksi 1 (Binjai–Stabat) sepanjang 11,8 Km, ruas Sigli–Banda Aceh Seksi 2, 3 & 4 (Seulimeum–Blang Bintang) sepanjang 35,8 Km.

Lalu, ruas Pekanbaru–Padang Seksi 1 (Pekanbaru–Bangkinang) sepanjang 31 Km, ruas Bengkulu – Taba Penanjung sepanjang 17,8 Km.

“Jadi, Hutama Karya tanggal 4 April kemarin itu sudah kick off untuk persiapan mudik, khususnya JTTS, kita menyiapkan 597 Km untuk ruas yang beroperasi,” ujar EVP Sekretaris Perusahaan Hutama Karya, Tjahjo Purnomo, saat ditemui di Jakarta Pusat, dikutip Selasa, 11/4/2023.

Tak hanya itu, BUMN Karya ini juga akan menyiapkan jalur fungsional selama mudik dan arus balik Lebaran dengan panjang 85 Km.

Adapun ruas JTTS yang akan dioperasikan secara fungsional diantaranya Indralaya–Prabumulih, Sigli–Banda Aceh, Binjai–Langsa–Parapat–Stabat Akses Jalan Proklamasi, Kuala Tanjung– Tebing Tinggi–Parapat Segmen Tebing Tinggi–Indralaya.

“Kemudian ada ruas fungsional yang kurang lebih 85 Km. dari ruas-ruas tersebut hari ini Pak Menteri (Menteri Perhubungan) beserta Pak Direksi itu memeriksa kembali kesiapannya,” kata dia.

Lantaran operasional bersifat fungsional, lanjut Tjahjo, ruas-ruas tersebut belum dikenakan tarif. Terkait hal ini Tjahjo belum menjelaskan lebih detail.

“Jadi karena sifatnya fungsional tentu belum berbayar, tentu masih ada beberapa seperti rest area juga masih sementara juga tetapi kesiapannya, memang dikhususkan untuk memperlancar arus mudik,” ucap dia.*