Laporkan Firli Bahuri, Saut Situmorang Harap Dewas KPK Transparan

Saut Situmorang harap Dewas KPK transparan terkait pelaporan Firli Bahuri
Saut Situmorang harap Dewas KPK transparan terkait pelaporan Firli Bahuri | Merinda Faradianti/forumkeadilan.com

FORUM KEADILAN – Mantan pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Saut Situmorang melaporkan Firli Bahuri ke dewan pengawas (Dewas) KPK.

“Kami mewakili sekitar hampir 50 orang yang terdiri dari perorangan maupun organisasi melaporkan saudara Firli Bahuri ke Dewas KPK,” katanya, Senin, 10/4/2023.

Bacaan Lainnya

Katanya, laporan yang disampaikan Saut adalah potensi adanya pelanggaran baik etik maupun pidana yang dilakukan pimpinan KPK tersebut.

“Di dalam, kita bercerita juga sepanjang karirnya tadi kita juga jelaskan mulai dari tahun ke tahun hingga ia jadi pimpinan KPK,” sambungnya.

Saut Situmorang berharap dewan pengawas KPK dapat bekerja secara profesional, transparan dan akuntabel untuk menyelesaikan persoalan tersebut.

“Supaya Indonesia bisa terselamatkan dan marwah KPK kembali ke sempat semula. Kami berharap dewan pengawas dapat bekerja secara transparan dan berintegritas serta bisa bertanggungjawab terhadap masyarakat secara terbuka,” harapnya.

Sebelumnya, sejumlah mantan pegawai KPK melakukan aksi unjuk rasa memprotes kepemimpinan Firli Bahuri di depan Gedung Merah Putih KPK, Senin, 10/4/2023.

Mantan Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Abraham Samad hingga Saut Situmorang ikut dalam aksi unjuk rasa tersebut.*

 

LaporanĀ Merinda Faradianti