Cetak Undangan Paripurna HUT Lampung Habiskan Rp80 Juta, Netizen: Pakai Tinta Emas Kali!

Tangkapan layar cuitan @partaisocmed di Twitter yang menyoroti biaya cetak undangan rapat HUT Lampung yang mencapai Rp80 juta. | Forum Keadilan

FORUM KEADILAN – Biaya cetak undangan Rapat Paripurna Istimewa Hari Ulang Tahun (HUT) Provinsi Lampung menghabiskan dana Rp80 juta. Hal ini menjadi sorotan warganet, lantaran dinilai sebagai pemborosan anggaran.

Ada aja ya caranya cari duit? Bikin undangan rapat untuk 85 anggota DPRD Lampung saja biayanya sampai 80 jeti!,” cuit akun Twitter @partaisocmed, seraya mengunggah tangakapan layar detail penganggaran dari web LPSE Provinsi Lampung, dikutip Kamis, 23/3/2023.

Bacaan Lainnya

Unggahan ini lantas diserbu beragam komentar warganet. Rerata warganet memberi komentar lelucon bernada satir.

Undangannya berlapis emas kali tum (emoji tertawa) Haloooo @KPK_RI @KemenkeuRI Nih wajar gak undangan 80 juta..?,” tulis @romiemo***

Undangannya ditulis pake kaligrafi bertinta emas dan bertabur swarovski. Diantar langsung oleh kurir pilihan menaiki merpati indosiar dan sewa pengawalan pake naga indosiar,” kicau @rizesh***

Bantu jelasin tum. Uang sebanyak itu bukan buat cetak undangan doang. Undang ahli bahasa sebagai konsultan, soalnya yg diundang orang orang yg intelek dan suka protes kalo bahasa di undangannya kurang tinggi Undang ahli IT untuk efisiensi waktu gaharus nulis tujuan 1 1 di word,” cuit @Haris******.

Gini loh Undangan itu harus diketik oleh JK Rowling, Dicetak langsung di Hogwarts, Dimeterai oleh Albus Dumbledore, Dikirim dan dikawal langsung oleh Hagrid. Kalo dibuka, undangannya bisa ngmng sendiri Termasuk murah segitu mah,” tulis @sammyha***.

Berdasarkan laman LPSE Pemprov Lampung, dana Rp80 juta itu digunakan untuk paket cetak undangan Rapat Paripurna Istimewa DPRD dalam rangka memperingati hari jadi Provinsi Lampung ke-59 tahun.

Paket ini dipegang oleh CV Buana Asri Jaya, yang beralamat di Jalan Pramuka Gang Alun-Alun II, Rajabasa Pemuka, Rajabasa, Bandar Lampung.

Dalam uraian singkat pekerjaan paket, disebutkan undangan yang dicetak sebanyak 4.000 lembar.

Adapun spesifikasi undangan tersebut yakni menggunakan amplop kartu undangan ukuran 220 mm x 170 mm, kartu undangan dan amplop cetak berwarna, berlogo dan tulisan DPRD Provinsi Lampung berwarna, serta menggunakan bahan Kingstruk atau art paper 210 gram.*