Prakerja Gelombang 49 Diumumkan, Begini Cara Cek Kelolosannya

Kartu Prakerja
Ilustrasi peserta Kartu Prakerja. | ist

FORUM KEADILAN – Hasil seleksi program Kartu Prakerja gelombang 49 sudah diumumkan pada hari ini, Sabtu, 11/3/2023.

Pengumuman tersebut disampaikan secara resmi oleh Manajemen Kartu Prakerja melalui akun Instagram resminya, prakerja.go.id, sebagai berikut:

Bacaan Lainnya

Dituliskan bahwa peserta yang dinyatakan lolos wajib membeli pelatihan pertama dalam waktu 15 hari. Jika tidak membeli pelatihan sampai batas waktu tersebut, maka akan dinonaktifkan dan kepesertaan yang bersangkutan dicabut. Pencabutan kepesertaan membuat saldo pelatihan sebesar Rp 3,5 juta akan hangus dan dikembalikan ke rekening Kas Umum Negara (KUN) yang dipegang oleh Bendahara Umum Negara.

Perlu digarisbawahi, peserta yang sudah dicabut kepesertaannya ini tidak akan bisa mengikuti kembali program Kartu Prakerja.

Lantas, bagaimana cara cek lolos tidaknya dalam program Kartu Prakerja gelombang 49?

Cara cek kelolosan Prakerja gelombang 49

Bagi Anda yang telah mendaftarkan diri mengikuti seleksi Kartu Prakerja gelombang 49, dapat melakukan pengecekan lolos tidaknya sebagai penerima. Jika dinyatakan lolos, maka Anda akan memperoleh notifikasi melalui SMS yang dikirimkan secara resmi oleh tim Prakerja.

Selain melalui SMS, pengecekan kelolosan peserta ini juga bisa dicek lewat dashboard akun masing-masing.

Berikut cara cek kelolosan program Kartu Prakerka gelombang 49:

– SMS

Pemberitahuan kelolosan melalui SMS akan dikirimkan melalui nomor handphone yang terdaftar di akun Prakerja, saat tanggal pengumuman seleksi gelombang.

Peserta yang mendapatkan notifikasi lolos, dapat mengikuti tahapan selanjutnya sesuai petunjuk yang ada.

Sementara itu, peserta yang dinyatakan tidak lolos masih dapat mengikuti program Prakerja selanjutnya dan tidak perlu memasukkan kembali data-data untuk pendaftaran ulang.

– Dashboard

Prakerja Kelolosan peserta juga akan diumumkan melalui dashboard akun masing-masing pendaftar. Anda dapat login ke laman prakerja.go.id menggunakan alamat e-mail dan password yang sudah terdaftar.

Lolos tidaknya peserta dalam seleksi Prakerja gelombang 49 akan ditandai dengan notifikasi yang muncul di dashboard akun.

Untuk diketahui, penerima Prakerja tahun ini akan memperoleh bantuan sebesar Rp 4,2 juta, terdiri dari biaya pelatihan Rp 3,5 juta, insentif Rp 600.000, dan pengisian survei Rp 100.000.*