FSPMI dan KSPI Geruduk Kementerian BUMN, Minta Selesaikan Kasus Perburuhan

Buruh Aksi di BUMN | Forum Keadilan/Merinda Faradianti
Buruh Aksi di BUMN | Forum Keadilan/Merinda Faradianti

FORUM KEADILAN – Ratusan buruh yang tergabung dalam Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (FSPMI) dan Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) menggelar aksi unjuk rasa di Kantor Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Kamis, 9/3/2023.

Para buruh mendesak penyelesaian kasus perburuhan yang terjadi di lingkungan perusahaan BUMN tersebut.

Bacaan Lainnya

Pantauan Forum, terlihat rombongan buruh sudah mulai berdatangan di depan Kementerian BUMN sejak pukul 10.00 WIB.

Presiden FSPMI Riden Hatam Aziz mengatakan, dalam aksi tersebut pihaknya meminta Menteri BUMN Erick Thohir turun tangan menyelesaikan permasalahan yang terjadi di lingkungan BUMN.

“Erick Thohir harus bertanggung jawab terhadap carut-marut permasalahan perburuhan di lingkungan BUMN. Perusahaan plat merah harusnya memberikan contoh yang baik dalam hal ketaatan hukum ketenagakerjaan, bukan justru sebaliknya,” kata Riden.

Permasalah buruh yang terjadi di Kementerian BUMN yang dimaksud Riden adalah Tenaga Alih Daya PT PLN (Persero), Perum DAMRI, PT Aerotrans Services Indonesia anak PT Garuda Indonesia (Persero), dan PT Dok dan Perkapalan Kodja Bahari (Persero)

Sejumlah tuntutan dilayangkan para buruh mulai dari penurunan upah, stop kecelakaan kerja, hingga menolak pemberlakuan upah di bawah minimum regional.*

Laporan Merinda Faradianti