Pengamat Prediksi Tiga Menteri Kabinet Jokowi Bakal Kena Reshuffle

diskusi publik di PARA Syndicate, Jakarta Rabu, 1/3/2023.
Diskusi publik di PARA Syndicate, Jakarta, Rabu, 1/3/2023. | Merinda Faradianti/Forum Keadilan

FORUM KEADILAN – Direktur Eksekutif Algoritma Aditya Perdana memprediksi Presiden Joko Widodo akan me-reshuffle kabinetnya jelang Ramadan tahun ini. Ia mengatakan kemungkinan ada tiga menteri yang akan diganti.

“Biasanya Jokowi melakukan reshuffle pada Rabu Pon. Kemungkinan di tanggal 8 Maret atau 12 April, ini hanya soal timing dan dalam waktu dekat,” kata Aditya dalam diskusi publik di PARA Syndicate, Rabu, 1/3/2023.

Bacaan Lainnya

Ia melanjutkan, reshuffle dilakukan dengan beberapa pertimbangan yaitu konsolidasi pemerintah dan politik. Menurut Aditya reshuffle perlu dilakukan untuk memastikan semua program Jokowi tersasar dengan baik.

“Reshuffle memang diperlukan untuk politik dan kinerja memang menjadi kebutuhan yang mendesak. Selain itu presiden berkepentingan yang telah disiapkan selama dua periode ini tidak mangkrak dan bisa dilanjutkan. Ini persoalan menjadi penting menuju pemilu 2024,” lanjutnya.

Menurutnya, menteri yang akan kena reshuffle adalah Menkominfo. Karena melihat dari persoalan hukum yang menjerat Johnny Gerard Plate.

“Kenapa Menkominfo karena persoalan hukum yang menjerat menjadi indikator mengganggu kinerja kementerian,” jelasnya.

Kemudian, yang berpotensi diganti Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo. Lalu Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainudin Amali. Zainudin telah menyatakan mundur usai terpilih menjadi Wakil Ketua Umum PSSI.

Isu Reshuffle

Isu pergantian menteri di kabinet ini mencuat setelah Partai NasDem, anggota partai koalisi pendukung Jokowi, mendukung mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sebagai Capres 2024.

Dalam perjalanannya, Ketua DPP PDIP Djarot Saiful Hidayat meminta Jokowi menilai dua menteri dari NasDem yaitu Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo dan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya Bakar.

Isu reshuffle kabinet makin mencuat. Namun, Presiden Joko Widodo enggan berkomentar banyak soal kabar reshuffle ini.

Presiden Jokowi merespons isu reshuffle yang beberapa kali muncul terkait dengan menteri dari Partai NasDem. “Tunggu saja, ditunggu saja,” kata Jokowi saat ditanya kemungkinan adanya reshuffle awal tahun ini.*

 

Laporan Merinda Faradianti