Tarif 4 Ruas Tol Ini Segera Naik, Simak Daftarnya

Ruas jalan tol Waru-Juanda. | ist
Ruas jalan tol Waru-Juanda. | ist

FORUM KEADILAN – Sebanyak empat ruas tol akan mengalami penyesuaian atau kenaikan tarif dalam waktu dekat. Hal ini diumumkan pihak Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Kepala BPJT Kementerian PUPR Danang Parikesit mengatakan, empat ruas tol tersebut yaitu Jalan Tol Simpang Susun (SS) Waru-Bandara Juanda, Jalan Tol Lingkar Luar Bogor atau Bogor Outer Ring Road (BORR), Tol Depok-Antasari, dan Tol Kunciran-Serpong.

Bacaan Lainnya

“Untuk jalan tol yang lain sedang dalam tahap evaluasi dan penetapan waktu penyesuaian tarifnya berdasarkan Keputusan Menteri PUPR,” ujar Danang dalam keterangannya, Selasa, 28/2/2023.

Kenaikan tarif empat ruas tol tersebut sudah disetujui Menteri PUPR Basuki Hadimuljono. Kendati demikian, Danang belum memberi informasi pasti ihwal kapan penyesuaian tarif tol untuk keempat ruas tersebut berlaku.

Danang bilang, besaran tarif baru dan juga waktu penerapan tarif baru di empat ruas tol tersebut akan disosialisasikan langsung oleh pihak Badan Usaha Jalan Tol (BUJT).

“Nanti akan disosialisasikan oleh BUJT ketika sudah terbit Kepmennya,” jelas Danang.

Adapun tarif maksimal Tol SS Waru-Bandara Juanda saat ini untuk kendaraan golongan I sebesar Rp8.500. Sementara untuk golongan II dan III sebesar Rp12.500, serta golongan IV dan V Rp17.000.

Sementara untuk tarif maksimal Tol BORR kini sebesar Rp19.000 untuk golongan I, lalu, Rp28.500 untuk golongan II dan III, serta Rp38.000 untuk golongan IV dan V.

Sedangkan, tarif terbesar Tol Depok-Antasari dari gerbang tol (GT) Sawangan ke GT Brigif maupun sebaliknya, yaitu sebesar Rp11.000 untuk golongan I, Rp16.500 untuk golongan II dan III, serta Rp22.000 untuk golongan IV dan V.

Berikutnya, tarif maksimal Tol Kunciran-Serpong yakni Rp20.000 untuk golongan I, Rp30.000 untuk golongan II dan III, serta Rp39.500 untuk golongan IV dan IV.*