Vladimir Putin Ungkap ‘Rudal Setan’ Bakal Dikerahkan Tahun Ini

Vladimir Putin
Vladimir Putin | AFP

FORUM KEADILAN – Presiden Rusia Vladimir Putin mennyebut bahwa rudal balistik antarbenua, Sarmat akan dikerahkan tahun ini.

Dilansir dari kantor berita AFP, Sarmat dijuluki ‘Setan 2’ oleh para analis Barat. Alasannya, rudal tersebut mampu membawa banyak hulu ledak nuklir.

Bacaan Lainnya

Ini merupakan salah satu rudal generasi berikutnya yang digambarkan Putin sebagai rudal tak terkalahkan.

“Kita memberikan perhatian khusus, seperti sebelumnya, untuk memperkuat triad nuklir. Tahun ini, peluncur pertama sistem rudal Sarmat akan dikerahkan,” katanya dalam video yang dirilis oleh Kremlin untuk memperingati hari “Pembela Tanah Air” di Rusia.

Menurut laporan CNN, menurut dua pejabat Amerika Serikat yang tak disebutkan namanya, rudak Sarmat tampaknya telah gagal dalam uji coba minggu ini.

Juru bicara Rusia, Dmitry Peskov menolak laporan tersebut dengan dalih itu adalah hak prerogatif Kementerian Pertahanan.

Sebelumnya, Putin juga menyebut rudak Sarmat bisa mencapai target apapun di bumi dan membuat musuh Rusia akan berpikir dua kali.

Saat pidato kenegaraan pada Selasa lalu, Putin juga menyebut Rusia akan menangguhhkan partisipasinya dalam perjanjian New START, yakni pakta senjata nuklir yerakhir yang tersisa dengan Washington.

Perjanjian itu membatasi hulu ledak nuklir yang dikerahkan masing-masing negara.

Namun ia menegaskan Rusia akan mematuhi perjanjian tersebut pada awal 2026.

Presiden Amerika Serikat, Joe Biden pun mengkritik keputusan Putin tersebut.

“Melakukan itu adalah kesalahan besar, tidak bertanggung jawab. Tapi saya tidak melihat bahwa dia berpikir untuk menggunakan senjata nuklir atau semacamnya,” ujar Joe Biden kepada ABC News dalam wawancara di Polandir, Kamis, 23/2/2023.*