Survei Capres SPIN: Elektabilitas Prabowo Teratas, Ganjar-Anies Bersaing Ketat

Prabowo Subianto
Prabowo Subianto. | Ist

FORUM KEADILAN – Lembaga Survey and Polling Indonesia (SPIN) merilis riset terbarunya terkait dinamika menuju Pilpres 2024 termasuk elektabilitas bakal capres 2024. Temuan survei SPIN, Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto masih menempati posisi elektabilitas tertinggi.

Direktur Eksekutif SPIN Igor Dirgantara menjelaskan Prabowo masih tetap unggul jadi tokoh yang berpeluang besar dipilih sebagai Presiden di Pemilu 2024.

Bacaan Lainnya

“Elektabilitas Prabowo masih bertahan sebagai calon Presiden paling utama pilihan publik dengan perolehan persentase 33%,” kata Igor dalam keterangannya, Minggu, 19/2/2023.

Igor menjelaskan di bawah Prabowo ada Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dengan 20,6%. Ganjar hanya terpaut tipis dengan eks Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan yang nangkring di urutan tiga. Anies punya elektabilitas 20%.

“Ganjar dan Anies hanya terpaut 0,6% saja,” ujarnya.

Igor membeberkan hasil survei pihaknya ada nama bakal capres potensial yaitu Gubernur Jawa Barat Mochamad Ridwan Kamil.

Kang Emil, sapaan akrabnya punya elektabilitas 8%. Di bawah Kang Emil, ada Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dengan perolehan 3%.

Selanjutnya, ada nama Ketua DPR Puan Maharani dan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa.

Pembanding Elektabilitas

Igor menjelaskan data pembanding tingkat elektabilitas Prabowo dari beberapa kali survei yang dilakukannya.

Ia menyebut pada Februari 2022, tingkat elektabilitas Prabowo berada di 12,8%. Lalu, pada April 2022 naik jadi 17,2%. Selanjutnya pada Juli 2022 naik sedikit menjadi 17,9%.

Kemudian, pada Oktober 2022 naik jadi 19,3%.

Selanjutnya, pada Desember 2022 naik menjadi 20,1%. Pun, di survei terakhir ini, eks Danjen Kopassus itu berada di angka 20,6%.

Igor mengungkapkan alasan kenaikan elektabilitas terhadap Prabowo. Salah satunya karena nama Menteri Pertahanan itu beberapa kali disebut Presiden Jokowi secara langsung di beberapa acara besar, seperti HUT partai politik.

“Endorsement Jokowi yang secara terus-menerus dilakukan terhadap Prabowo. Pidato Presiden Jokowi pada HUT Gerindra, Hadirnya Presiden Jokowi pada Rapimnas Kemhan adalah beberapa endorsement terakhir yang mendongkrak elektabilitas Prabowo,” jelasnya.

Terkait gabungnya relawan Jokowi Mania (JoMan) yang dipimpin Immanuel Ebenezer ke Prabowo menambah elektabilitas Ketua Umum Gerindra tersebut.

Igor menyebut fakta bergabungnya Prabowo Mania 08 itu jadi salah satu sumbangsih peningkatan elektabilitas Prabowo.

“Pembubaran relawan GP Mania semakin menguatkan peningkatan elektabilitas Prabowo sekaligus menurunkan elektabilitas Ganjar,” ujar Igor. Survei terbaru SPIN ini dilakukan dalam kurun waktu 3-13 Februari 2023. Jumlah responden yang dilibatkan dalam survei 1.230 dari 34 provinsi.

Kriteria responden dalam survei yakni penduduk berusia 17 tahun ke atas atau sudah pernah menikah. Adapun sebaran sampel tersebar di 34 provinsi dengan teknik multi-stage random sampling. Tingkat kepercayaan survei 95% dengan margin of error sebesar ± 2,8%. Kemudian, teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara langsung. *