Koalisi Kawal Pemilu Datangi LPSK Advokasi Dugaan Intimidasi Pelapor Kecurangan

Kurnia Ramadhana. | Ist

FORUM KEADILAN – Koalisi Kawal Pemilu Bersih mendatangi Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK) terkait dugaan intimidasi terhadap pelapor kecurangan verifikasi faktual partai politik, di Kantor LPSK, Jakarta Selatan, Senin sore, 2/1/2023.

“Kami hadir di sini berkaitan langsung dengan advokasi yang kami lakukan tentang dugaan kecurangan verifikasi faktual partai politik,” kata perwakilan dari koalisi Kurnia Ramadhana kepada wartawan.

Bacaan Lainnya

Kurnia mengaku dalam beberapa minggu terakhir, pihaknya telah membuka pos pengaduan untuk para pelapor.

“Kami dalam beberapa minggu terakhir telah membuka pos pengaduan untuk seluruh masyarakat Indoesia, khususnyabagi para anggota KPU Daerah,” ujarnya.

Kunia mengatakan, pelapor telah memberikan informasi dan bukti perihal intimidasi dari pihak-pihak tertentu. “Kami telah mendapatkan informasi, bukti dari para pelapor terkait dugaan intimidasi pihak-pihak tertentu,” imbuhnya.

Ia menjelaskan, langkah tersebut diambil setelah pihaknya lebih dulu menempuh jalur penegakan etik.

“Langkah ini kami ambil setelah kami menempuh jalur penegakan etik, karena para informan yang menyampaikan laporan kepada kami mendapatkan intimidasi,” tambahnya.

Kurnia berharap proses dengan dampingan LPSK,  proses penindakan etik terhadap jajaran petinggi KPU yang melakukan intimidasi dapat berjalan lancar.

“Dengan mendatangi LPSK,  kami berharap agar proses pengungkapan indikasi kecurangan verifikasi partai politik yang diduga keras dilakukan oleh jajaran petinggi KPU dapat berjalan dengan lancar,” kata dia.

“Proses yang berjalan di DKPP ini harus dikawal betul, sehingga keamanan para informan yang melaporkan kepada kami dapat terjamin,” pungkasnya. *

 

Laporan Ade Feri Anggriawan