Cek Harga Jelang Nataru, Jokowi Blusukan di Pasar Cigombong Bogor

PRESIDEN Joko Widodo didampingi Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil memberikan keterangan pers setelah mengunjungi Pasar Cigombong, Bogor, Jumat, 23/12/2022. | YouTube.com/Sekretariat Presiden

FORUM KEADILAN – Presiden Joko Widodo (Jokowi) blusukan Pasar Cigombong, Bogor, Jumat, 23/12/2022, untuk mengecek harga bahan-bahan pokok menjelang Hari Raya Natal dan tahun baru.

Seusai blusukan, Jokowi mengeklaim harga sejumlah bahan pokok turun meski ada juga beberapa yang naik.

Bacaan Lainnya

“Saya dengan Pak Gubernur, Pak Ridwan Kamil, tadi utamanya cek harga barang-barang menjelang Natal dan tahun baru. Saya senang beberapa barang tadi harganya turun, ada dua yang naik,” kata Jokowi, Jumat, 23/12/2022.

Jokowi mengatakan, bahan pokok yang harganya naik antara lain daging sapi beku dan bawang merah. Harga sapi beku naik dari Rp 85.000 per kilogram menjadi Rp 95.000 per kilogram, sedangkan bawang merah naik Rp 2.000 per kilogram.

Namun, ia menyebut harga daging sapi lokal masih tetap, sedangkan harga bawah putih dan telur turun.

“Tadi beberapa turun, ada satu-dua naik, saya kira masih semuanya terkendali, terkelola,” kata Jokowi. Jokowi mengatakan, situasi serupa juga ia temukan di beberapa pasar lain yang pernah ia kunjungi sebelumnnya. Ia mencontohkan, harga cabe saat ini turun jauh ke angka Rp 30.000 per kilogram setelah sempat di atas Rp 60.000 per kilogram.

“Jadi sangat baik menjelang Natal dan tahun baru, mungkin yang agak-agak sedikit naik juga beras,” ujar Jokowi.*

banner 468x60