Harga Sembako di Lampung Meroket Jelang Nataru, Rerata Naik Rp1.000 per Kg

Toko sembako
Toko Sembako di Pasar Pasir Gintung Bandar Lampung. | Ade Feri Anggriawan/Forum Keadilan

FORUM KEADILAN – Menjelang Natal dan Tahun Baru (Nataru), harga sembako mulai merangkak naik. Pantauan pada, Kamis, 15/12/2022, di pasar tradisional Bandar Lampung, rerata kenaikan harga di angka Rp1.000 per kilogram.

Bahan-bahan pokok yang mengalami kenaikan yaitu beras naik menjadi Rp12 ribu dari sebelumnya Rp11 ribu per kilogram (kg), minyak goreng curah dari Rp14 ribu menjadi Rp15 ribu per kg, lalu gula putih juga mengalami kenaikan dari harga Rp13 ribu per kg sekarang menjadi Rp14 ribu.

Bacaan Lainnya

“Selain itu, telur juga mengalami kenaikan harga dari Rp28 ribu, sekarang menjadi Rp29 ribu per kilogramnya” ujar Udin, salah satu penjual sembako di Pasar Pasir Gintung, Bandar Lampung, saat ditemui pada Kamis pagi.

Menurut pedagang, kenaikan harga sejumlah sembako tersebut sudah terjadi dalam sepekan terakhir. Pedagang menduga, kenaikan harga ini seiring dengan semakin dekatnya momen Natal dan Tahun Baru.

Selain harga sembako, sejumlah komoditas sayuran juga mengalami kenaikan harga di antaranya adalah cabai rawit, bawang merah dan bawang putih.

“Cabai rawit sekarang naik, tadinya Rp45 ribu, sekarang Rp50 ribu per kg. Lalu, bawang putih naik dari Rp18 ribu menjadi Rp20 ribu dan terakhir bawang merah naik menjadi Rp30 ribu per kg setelah sebelumnya Rp28 ribu,” ungkap Edi (61), pedagang di Pasar Pasir Gintung. *

Laporan Ade Feri Anggriawan